KPI Tempatkan Gen-Z sebagai Komponen Penting dalam Proyek RDMP di Balikpapan

oleh -
Editor: Ardiansyah
Direktur SDM dan Penunjang Bisnis KPI, Tenny Elfrida, saat Kunker pada 1-4 Oktober 2024. Foto: HO/KPI Balikpapan
Direktur SDM dan Penunjang Bisnis KPI, Tenny Elfrida, saat Kunker pada 1-4 Oktober 2024. Foto: HO/KPI Balikpapan

BorneoFlash.com, BALIKPAPAN – PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) menempatkan generasi muda, khususnya Gen-Z, sebagai salah satu komponen penting dalam proyek Refinery Development Master Plan (RDMP) di Balikpapan.

 

Saat Kunjungan kerja (Kunker) Direktur Sumber Daya Manusia dan Penunjang Bisnis KPI, Tenny Elfrida, pada 1-4 Oktober 2024, mengatakan dengan tegas komitmen perusahaan untuk menjadikan Gen-Z sebagai penggerak utama proyek strategis nasional ini.

 

Selama kunjungan, Tenny Elfrida memantau perkembangan proyek dan memberikan perhatian khusus pada tenaga kerja muda yang ia harap menjadi tulang punggung perusahaan di masa depan.

 

Ia juga menekankan pentingnya pembinaan dan pengembangan generasi muda sebagai bagian dari strategi jangka panjang PT Kilang Pertamina Balikpapan (KPB) dalam mewujudkan ketahanan energi nasional.

 

“Kami mendorong seluruh pekerja, terutama generasi muda, untuk menerapkan nilai-nilai AKHLAK dalam upaya mencapai ketahanan energi nasional. Kolaborasi antar generasi menjadi kunci dalam menjaga kelangsungan dan keberlanjutan proyek ini,” ujar Tenny Elfrida.

 

Dalam proyek ini, Gen-Z menempati hampir setengah dari tenaga kerja, sekitar 43,7% atau sekitar 255 orang. Tenny menyebut bahwa generasi ini memiliki potensi besar untuk mendorong perusahaan menuju operasional yang lebih efisien dan inovatif, sejalan dengan perkembangan teknologi.

 

Sementara itu, Direktur Utama PT KPB, Bambang Harimurti, menyambut kunjungan ini sebagai langkah penting dalam memperkuat kompetensi SDM di kilang Balikpapan. Menurutnya, Gen-Z dipersiapkan sebagai garda terdepan yang akan menjadi pemimpin di masa mendatang.

 

“Kita harus terus membimbing mereka melalui penerapan nilai-nilai perusahaan, agar mereka siap menghadapi tantangan di lapangan,” ujar Bambang.

 

Selain memantau proyek, Tenny juga menghadiri acara lain. Ambil contoh, kegiatan Great Collaboration Journey to the Best Refinery. Kegiatan itu berlangsung bersama Agent of Change Pertamina, Komunitas Pertiwi, dan pekerja Gen-Z di PT KPB. Acara ini fokus pada penguatan budaya perusahaan.

Baca Juga :  Bahas Lahan Pembangunan SMPN 25, Komisi IV DPRD Gelar RDP dengan OPD Terkait

 

Untuk memastikan generasi muda dapat mengimplementasikan nilai AKHLAK—Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif—dalam setiap aspek pekerjaan mereka.

 

“Kita memiliki tanggung jawab untuk membimbing dan menginternalisasi tata nilai ini. Agar Gen-Z dapat menjadi pilar yang kuat bagi perusahaan,” kata Tenny.

 

Kunjungan ini berakhir dengan kegiatan #LariBarengBuTenny bersama komunitas lari PT KPB dan PT KPI di Balikpapan. Melalui kegiatan ini, Pertamina berharap seluruh pekerja, terutama generasi muda, dapat memperkuat kerja sama. Utamanya untuk memastikan proyek RDMP Balikpapan selesai tepat waktu. Serta memberikan kontribusi optimal bagi ketahanan energi Indonesia. (*)

Simak berita dan artikel BorneoFlash lainnya di  Google News

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.