Mitos atau Fakta? Jambu Biji Sembuhkan DBD

oleh -
Penulis: Redaksi
Editor: Ardiansyah
Ilustrasi Jambu Biji
Ilustrasi Jambu Biji

BorneoFlash.com, KESEHATAN – Jambu Biji seringkali jadi buah rekomendasi untuk mengatasi demam berdarah dengue (DBD). Namun, apakah benar jambu biji ampuh menyembuhkan demam berdarah dengue?

 

Guru besar kesehatan Fakultas Kedokteran Departemen Ilmu Kesehatan Anak Universitas Indonesia (FKUI) Sri Rejeki menyebut jus jambu biji ternyata tidak berkhasiat meningkatkan trombosit.

 

 “Jadi sebenarnya anggapan mengonsumsi jus jambu untuk menaikkan trombosit ialah salah kaprah,” ujarnya seperti dikutip BorneoFlash.com dari situs FK UI, Sabtu (29/6/2024).

 

Ia mengatakan kondisi DBD terjadi karena nilai trombosit mulai menurun pada masa demam dan mencapai nilai terendah pada masa renjatan atau syok. 

 

Meski begitu, Sri tak menampik kandungan di dalam jambu biji, seperti vitamin C, dapat meningkatkan daya tahan tubuh. 

 

Hal tersebut disebabkan kandungan vitamin C dalam jambu biji. Ketika daya tahan tubuh meningkat, trombosit penderita DBD akan naik secara perlahan dengan sendirinya.

 

“Jadi bukan hanya karena mengonsumsi jus jambu biji, trombosit langsung meningkat,” imbuhnya.

 

Seperti yang dilansir dari Healthline, kondisi kekurangan vitamin C akan berisiko terkena infeksi dan penyakit. Jambu biji merupakan salah satu buah yang mengandung vitamin C. 

 

Satu jambu biji menyediakan sekitar dua kali lipat Referensi Asupan Harian (RDI) untuk vitamin C. Jumlah itu hampir dua kali lipat dari jumlah yang terkandung dalam jeruk.

 

Vitamin C berperan penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat. Meski tidak terbukti mencegah flu biasa, vitamin C terbukti mengurangi durasi pilek. 

 

Kandungan itulah yang juga bermanfaat antimikroba yang berarti membantu membunuh bakteri jahat dan virus yang dapat menyebabkan infeksi. (*)

Simak berita dan artikel BorneoFlash lainnya di  Google News

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.