PEP Bunyu Field Perkenalkan Inovasi Teknik Pembibitan Artificial Mangrove Tide saat Hari Mangrove Sedunia

by -
Editor: Ardiansyah
PT Pertamina EP (PEP) Bunyu Field lakukan penanaman mangrove di sekitar wilayah operasi Perusahaan di Pulau Bunyu dengan sistem pembibitan Artificial Mangrove Tide. Foto: HO/PEP Bunyu Field
PT Pertamina EP (PEP) Bunyu Field lakukan penanaman mangrove di sekitar wilayah operasi Perusahaan di Pulau Bunyu dengan sistem pembibitan Artificial Mangrove Tide. Foto: HO/PEP Bunyu Field

BorneoFlash.com, PULAU BUNYU – Dalam rangka memperingati Hari Mangrove Sedunia, PT Pertamina EP (PEP) Bunyu Field melakukan kegiatan penanaman mangrove di sekitar wilayah operasi Perusahaan di Pulau Bunyu yang dikembangkan dengan sistem pembibitan Artificial Mangrove Tide. 

 

Penerapan teknik Artificial Mangrove Tide ini merupakan yang pertama di Indonesia dan telah mendapatkan paten dari Kementerian Hukum dan HAM RI dengan judul “Metode Pembibitan Mangrove dengan Mekanisme Kolam Pasang Surut Air Tawar dan Substrat Buatan”.

 

Artificial Mangrove Tide merupakan teknik pembibitan (nursery) mangrove secara eksitu, atau di luar habitat aslinya, dengan menggunakan kolam pasang surut buatan (siphon bell). 

 

Umumnya, teknik pembibitan mangrove menggunakan pasang surut air laut secara alami. 

 

Dengan teknik Artificial Mangrove Tide, prinsip 3R (Reduce, Reuse, Recycle) pun dapat diterapkan khususnya dengan pengolahan sampah organik menjadi kompos yang merupakan salah satu komposisi substrat buatan. 

 

Selain itu, dapat mengurangi timbulan sampah plastik dari polybag akibat subtitusi ke polybag HDPE dengan masa pakai hingga 10 kali. 

 

Dalam sambutannya, Pjs. Senior Manager Bunyu Field Benny Kawira mengatakan bahwa kegiatan penanaman mangrove merupakan wujud komitmen PEP Bunyu Field dalam menjaga kelestarian lingkungan dan melindungi keanekaragaman hayati di sekitar wilayah operasi Perusahaan untuk mencapai Net Positive Impact (NPI). 

Simak berita dan artikel BorneoFlash lainnya di  Google News

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.