Raih ADLG Awards 2024 Kategori Kota, Sekda Balikpapan Berharap Mindset Semua Penyelenggara Pelayanan Publik Sudah Berbasis Digital

oleh -
Penulis: Niken Sulastri
Editor: Ardiansyah
Sekda Balikpapan, Muhaimin saat menerima penghargaan ADLG Awards 2024 dalam Kategori Kota, di Jakarta Convention Center, pada hari Kamis, (1/8/2024). Foto: BorneoFlas/Ist
Sekda Balikpapan, Muhaimin saat menerima penghargaan ADLG Awards 2024 dalam Kategori Kota, di Jakarta Convention Center, pada hari Kamis, (1/8/2024). Foto: BorneoFlas/Ist

BorneoFlash.com, BALIKPAPAN – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Balikpapan, Muhaimin meraih penghargaan Asosiasi Dinas Komunikasi dan Informasi Provinsi Seluruh Indonesia (ASKOMPSI) Digital Leadership Government (ADLG) Awards 2024 dalam Kategori Kota.

 

Muhaimin menerima penghargaan ini secara langsung, di Jakarta Convention Center, pada hari Kamis (1/8/2024).

 

Melalui perhargaan ini, Sekda sebagai koordinator Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) bisa didukung oleh semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan, untuk bisa melaksanakan transformasi digital dalam pelayanan publik.

 

Disamping itu juga, dengan pengarahan ini bisa menaikkan indeks SPBE Pemkot Balikpapan, dalam rangka transformasi digital di pelayanan publik baik dari  kecepatan waktu, ketepatan waktu dan kepastian waktu.

 

“Kita harapkan mindset semua penyelenggara pelayanan publik sudah berbasis digital. Mudah-mudahan lebih cepat dan tepat dalam memberikan pelayanan,” jelasnya kepada media usai Rapat Paripurna DPRD Kota Balikpapan di Grand Senyiur Hotel Balikpapan, pada hari Jumat (2/8/2024).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Balikpapan, Muhaimin. Foto: BorneoFlash/niken Sulastri
Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Balikpapan, Muhaimin. Foto: BorneoFlash/niken Sulastri

Transformasi digital sudah diterapkan pada OPD di lingkungan Pemkot, yang mana sebagai leading sektor adalah Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Balikpapan. Seperti halnya pelayanan publik yang diterapkan pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Sistem Perizinan berbasis online, Pelayanan pada Dinas Tenaga Kerja, Puskesmas maupun Penerimaan Peserta Didik Baru pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Balikpapan.

 

Seperti diketahui bahwa penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi kepada sekda yang berkinerja digital. Sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2023, tentang percepatan transformasi digital dan keterpaduan layanan digital nasional.

 

Selain itu juga berdasarkan Surat Edaran Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), tentang peran pemerintah daerah dalam transformasi digital keterpaduan layanan digital nasional.

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.