Jafar Sidik: Ini Langkah Atasi Kemacetan di Kota Balikpapan

oleh -
Penulis: Niken Sulastri
Editor: Ardiansyah
Kemacetan di Kota Balikpapan Foto: BorneoFlash.com
Kemacetan di Kota Balikpapan Foto: BorneoFlash.com

BorneoFlash.com, BALIKPAPAN – Kemacetan yang terjadi di Kota Balikpapan harus segera dicarikan solusi untuk mengatasinya. Pasalnya, kian lama penduduk di Kota Balikpapan akan semakin bertambah 

 

Anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Balikpapan, Jafar Sidik menyampaikan bahwa Pemerintah melalui Dinas Perhubungan Kota Balikpapan untuk bisa mengatur lalu lintas di Kota Beriman, sehingga mengurangi kemacetan.

 

Politisi PKS mengakui bahwa dengan adanya proyek strategis RDMP, penduduk Balikpapan semakin bertambah. “Memang ada beberapa titik yang terjadi kemacetan,” ungkapnya.

 

Titik rawan kemacetan diantaranya Jalan MT Haryono dari arah Damai menuju Balikpapan Baru, Jalan Ahmad Yani, Jalan Jenderal Sudirman ke arah Balikpapan Super Block termasuk di kawasan grand city hingga kawasan Polda.

 

Seharusnya memang, jalan itu harus berbanding lurus dengan jumlah kendaraan artinya ketersediaan jalan itu dengan bertambahnya kendaraan harus bisa menyesuaikan. Namun, di Kota Balikpapan tidak mungkin membuat jalan baru, apalagi di daerah kota.

 

“Salah satu mungkin kedepan, harus ada Fly Over di beberapa titik walaupun tidak semua. Dimana titik yang rawan kemacetan, disitu ada fly over. Ini untuk jangka panjang 10-15 tahun yang akan datang, karena perkembangan kota itu akan bertambah padat,” terangnya.

Anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Balikpapan, Jafar Sidik Foto: Niken Sulastri/BorneoFlash.com
Anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Balikpapan, Jafar Sidik Foto: Niken Sulastri/BorneoFlash.com

 

Untuk jangka pendek dalam mencegah kemacetan, dilakukan dengan pengaturan dari petugas. Pasalnya, kemacetan itu terkadang terjadi dikarenakan para pengendara ini tidak mau mengalah, apalagi di daerah persimpangan jika tidak ada petugas dan tidak ada traffic light kemacetan terjadi. 

 

“Di ruas jalan semua ingin masuk, begitu sudah masuk terkunci, kalau ada petugas yang mengatur atau minimal lampu merah yang bisa membantu, lalu lintas bisa teratur,” serunya.

Baca Juga :  Gempa Bumi Magnitudo 5,9 Guncang Laut 72 Km Barat Daya Bayah - Banten

 

Simak berita dan artikel BorneoFlash lainnya di  Google News

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.