1.000 Mobil Mewah Sewa Rp25 Juta/Hari untuk HUT RI di IKN, Moeldoko: “Tidak Ada yang Mahal!

by -
Writer: Wahyuddin Nurhidayat
Editor: Ardiansyah
Proyek Istana Presiden di Ibu Kota Nusantara (IKN). Foto: BorneoFlash.com/Ist
Proyek Istana Presiden di Ibu Kota Nusantara (IKN). Foto: BorneoFlash.com/Ist

BorneoFlash.com, NUSANTARA – Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) menyewa 1.000 unit kendaraan roda empat untuk pergerakan tamu negara dan VVIP saat peringatan HUT ke-79 RI di IKN.

 

“Kami dan Kemensetneg menandatangani nota kesepahaman untuk pengadaan 1.000 unit mobil,” ungkap Ketua DPD Asperda Kaltim, Damun Kiswanto, Selasa (6/8/2024).

 

Kemensetneg membayar uang muka sebesar 50 persen dari nilai kontrak. Karena keterbatasan mobil rental di wilayah tersebut, DPD Asperda Kaltim menambah unit mobil dari luar daerah.

Toyota All New Alphard di GIIAS 2023.  Foto: BorneoFlash.com/Ist
Toyota All New Alphard di GIIAS 2023. Foto: BorneoFlash.com/Ist

“Kami mendatangkan unit mobil dari Surabaya, Jakarta, Sidoarjo, Semarang, Solo, Makassar, Bali, dan Palu, dan sekarang sedang dalam perjalanan menuju Kaltim,” jelasnya.

 

Biaya pengiriman mobil dari luar daerah mencapai Rp 13 juta per unit, sehingga harga sewa mobil melonjak. Harga sewa Fortuner naik dari Rp 2,5 juta menjadi Rp 5 juta per hari, Hi-Ace dari Rp 3,5 juta menjadi Rp 15 juta per hari, dan Alphard dari Rp 7 juta menjadi Rp 25 juta per hari.

 

Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko menanggapi kritik terkait hal ini. Menurutnya, peringatan HUT RI tidak boleh dianggap mahal.

 

“Untuk National Day atau hari kemerdekaan, tidak ada yang mahal. Namun, penggunaan anggaran negara tetap bisa dikontrol,” kata Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta. (*)

Simak berita dan artikel BorneoFlash lainnya di  Google News

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.