Bakesbangpol Ajak Mahasiswa Mahasiswi Sosialisasi Politik Bagi Pemilih Pemula

oleh -
Penulis: Niken Sulastri
Editor: Ardiansyah
Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Balikpapan Gelar Sosialisasi Politik kepada mahasiswa dan mahasiswi Kota Balikpapan, di Four Point Hotel Balikpapan, pada hari Senin (13/11/2023).  Foto: BorneoFlash.com/Niken Sulastri.
Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Balikpapan Gelar Sosialisasi Politik kepada mahasiswa dan mahasiswi Kota Balikpapan, di Four Point Hotel Balikpapan, pada hari Senin (13/11/2023).  Foto: BorneoFlash.com/Niken Sulastri.

BorneoFlash.com, BALIKPAPAN – Sosialisasi Politik terus digencarkan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Balikpapan.

 

Mengingat Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024 segera dimulai. Tentunya, sosialisasi politik sangat penting dilakukan supaya meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berpolitik.

 

Bakesbangpol Balikpapan mengundang mahasiswa mahasiswi Kota Balikpapan untuk diberikan pemahaman sosialisasi politik sebagai pemilih pemula, di Four Point Hotel Balikpapan, pada hari Senin (13/11/2023).

 

Kegiatan yang bertemakan Generasi Sadar Politik (Gaspol) menyasar mahasiswa dan mahasiswi Kota Balikpapan dari Politeknik Negeri Balikpapan, Universitas Mulia, STT Migas, STIE Madani, Institute Teknologi Kalimantan.

 

Saat sambutan, Kepala Bakesbangpol Kota Balikpapan, Sutadi mewakili Wali Kota Balikpapan H Rahmad Mas’ud mengatakan kegiatan ini dapat memberikan pendidikan politik yang baik, bagi generasi muda calon pemimpin bangsa di masa depan. 

Kepala Bakesbangpol Kota Balikpapan, Sutadi. Foto: BorneoFlash.com/Niken Sulastri.
Kepala Bakesbangpol Kota Balikpapan, Sutadi. Foto: BorneoFlash.com/Niken Sulastri.

“Ini ikhtiar kita dalam mensukseskan estafet kepemimpinan nasional dan daerah melalui peningkatan peserta pemilu,” ucapnya.

 

Agenda ini berperan penting sebagai media penyampaian konsep politik yang memiliki tujuan agar kaum muda melek politik. Penting memberikan kesadaran bagi pemilih pemula akan hak dan kewajiban sehingga dapat ikut serta dalam membangun bangsa dan negara serta membangun pemikiran kritis untuk memilih dan berpartisipasi dalam menyelenggarakan pemilu yang bersih.

 

Memasuki tahapan pemilihan umum, dimana pada hari ini Komisi Pemilihan Umum Pusat mengumumkan peserta presiden dan wakil presiden

 

Berharap suasana aman, damai terus berlanjut, sehingga hajatan lima tahun ini berlangsung dengan suasana kegembiraan dan persatuan, karena suasana pemilu yang aman tentu saja dapat meningkatkan partisipasi pemilih, apalagi tahun ini jumlah pemilih pemula sangat besar.

 

“Peserta pemilu dapat memperoleh informasi terkait prosedur pemilih bagaimana cara memilih,bagaimana pasti mereka terdaftar di DPT, bagaimana mengecek rekam jejak para calon pengurus negara dan sebagainya,” terangnya.

Baca Juga :  Turnamen Danlanud Cup XXV Resmi di Tutup, Tim Yanma Polda Kaltim Juara  

 

Dalam sosialisasi ini para peserta akan memiliki pondasi yang kuat dalam menentukan sikap politik dalam memahami pentingnya partisipasi politik sehingga tidak mudah termakan informasi palsu dan sebagainya. Untuk itu, para narasumber dapat memberikan wawasan kepada pemilih pemula.

 

Sementara itu, Kepala Bidang Politik Dalam Negeri Bakesbangpol, Awan Darmawan mengatakan maksud dari kegiatan ini untuk membangun kesadaran politik secara rasional yang berbasis pengetahuan.

 

Disamping itu, pembentukan budaya demokratis dengan peningkatan kesadaran masyarakat, untuk menggunakan hak politiknya, meningkatkan partisipasi politik dan inisiatif masyarakat dan mahasiswa untuk berkehidupan berpolitik berbangsa dan bernegara.

Sosialisasi Politik kepada mahasiswa dan mahasiswi Kota Balikpapan, dilakukan Bakesbangpol Kota Balikpapan, di Four Point Hotel Balikpapan, pada hari Senin (13/11/2023).  Foto: BorneoFlash.com/Niken Sulastri.
Sosialisasi Politik kepada mahasiswa dan mahasiswi Kota Balikpapan, dilakukan Bakesbangpol Kota Balikpapan, di Four Point Hotel Balikpapan, pada hari Senin (13/11/2023). Foto: BorneoFlash.com/Niken Sulastri.

Awan menyebutkan tujuan dari kegiatan ini untuk mewujudkan masyarakat yang demokratis yang berlandaskan oleh hukum, memperkuat peran aktif pemilih pada pemilu dalam rangka mensukseskan pemilu serentak tahun 2024. 

 

Narasumber dalam sosialisasi politik Gaspol ini, Kepala KPU Kota Balikpapan Noor Thoha, Perwakilan Bawaslu Balikpapan Ahmadi Azis, Anggota Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan Ismail Ali Sakti dan Perwakilan dari media Balpos, Suyono. (Adv)

Simak berita dan artikel BorneoFlash lainnya di  Google News

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.