Dispora Kubar Susun Program Perkenalkan Oltrad Sejak Usia Dini

oleh -
Salah satu cabang Oltrad yang sudah mulai tergerus yakni begasing dan belogo yang mulai disikapi oleh Dispora untuk bisa terjaga kelestarian dan keberadaannya di tengah pesatnya kemajuan zaman dan teknologi. Foto : BorneoFlash.com/Lilis Suryani.
Salah satu cabang Oltrad yang sudah mulai tergerus yakni begasing dan belogo yang mulai disikapi oleh Dispora untuk bisa terjaga kelestarian dan keberadaannya di tengah pesatnya kemajuan zaman dan teknologi. Foto : BorneoFlash.com/Lilis Suryani.

BorneoFlash.com, SENDAWAR – Mempunyai tujuan untuk melestarikan olahraga tradisional (Oltrad) di tengah perkembangan zaman dan teknologi yang semakin maju pesat. 

Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kutai Barat (Kubar) melalui bidang Pembudayaan Olahraga telah menyiapkan beberapa program. Yang diantaranya adalah untuk memperkenalkan Oltrad sejak usia dini khususnya di sekolah-sekolah.

“Program ini dari tahun lalu sudah sempat dijalankan. Namun karena pandemi sehingga sempat terhenti dan kita upayakan bisa berjalan lagi saat pembelajaran tatap muka sudah bisa dijalankan,” kata Plt. Kepala Dispora Kubar, Petrus didampingi Kepala Bidang Pembudayaan Olahraga Dispora Kubar, Alkatib pada Jumat (28/5/2021) pekan lalu.

Ditambahkannya bahwa upaya pelestarian Oltrad ini juga tidak hanya berfokus pada pengenalan olahraga yang sudah mulai dilupakan. 

Program pelatihan dan pembinaan nantinya juga akan dilakukan baik di dalam sekolah maupun diluar sekolah.

“Nanti bisa dicari waktu/hari khusus di tiap sekolah untuk bisa didatangi dan memperkenalkan Oltrad ini. Selain itu untuk diluar sekolah, kedepannya akan direncanakan untuk menyediakan wadah mereka untuk lebih mengenal Oltrad. Tempatnya bisa saja di Alun-alun ITHO Sendawar pada waktu sore hari, sehingga mereka punya kegiatan kearah yang positif,” jelasnya.

Ditambahkan pula oleh Alkatib, selain mengenalkan Oltrad tersebut sejak usia dini, Dispora Kubar juga berencana menggelar kegiatan yang sama bagi masyarakat luas. 

Salah satunya dengan rencana pertandingan Oltrad pada momen-momen tertentu. Seperti pada HUT Kemerdekaan RI di bulan Agustus ataupun pada saat HUT Kabupaten Kubar di bulan November.

“Ada rencana seperti itu, tapi nanti kita lihat lagi. Sebab sekarang ini kita masih dalam kondisi pandemi sehingga tidak mungkin dilaksanakan dengan skala besar. Tetapi mungkin kita laksanakan dengan skala kecil agar Oltrad ini bisa tetap terjaga kelestariannya. Sekaligus melalui kegiatan tersebut, kita juga bisa menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh dengan tetap berolahraga,” tutupnya. 

Baca Juga :  Pemkab Paser dan PN Tanah Grogot, Lakukan PKS Ingin Tingkatkan Pelayanan Terpadu Secara Prima Untuk Masyarakat 

(BorneoFlash.com/Lilis)

Simak berita dan artikel BorneoFlash lainnya di  Google News

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.