Kesan Presiden Jokowi Saat Landing Pertama Kali di Bandara VVIP IKN

oleh -
Penulis: Wahyuddin Nurhidayat
Editor: Ardiansyah
Pesawat Kepresidenan RJ-85 yang mendarat di Bandara IKN, Kalimantan Timur. (Dok. Biro Pers Sekretariat Presiden)
Pesawat Kepresidenan RJ-85 yang mendarat di Bandara IKN, Kalimantan Timur. (Dok. Biro Pers Sekretariat Presiden)

BorneoFlash.com, NUSANTARA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendarat untuk pertama kalinya di Bandara Nusantara, yang terletak di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

 

Didampingi oleh Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Raja Juli Antoni dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Jokowi menyampaikan rasa syukurnya atas kelancaran pendaratan tersebut.

 

“Alhamdulillah, pendaratan pertama berjalan dengan baik, semuanya lancar. Ini pertama kali saya mendarat di Bandara Nusantara,” kata Jokowi pada Selasa (24/9/2024).

 

Presiden juga memuji kualitas bandara yang mulai dibangun sejak November 2023. “Pendaratannya sangat mulus, bandara ini bagus. Meski tidak terlalu besar, ukurannya sudah lebih dari cukup,” ungkapnya.

 

Bandara Nusantara berada di Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, berjarak sekitar 23 km dari titik nol IKN dan 120 km dari Balikpapan. Bandara ini memiliki luas total 347 hektar, dengan landasan pacu sepanjang 3.000 meter dan lebar 45 meter.

 

Fasilitas bandara dilengkapi dengan dua jalur taksi (taxiway) berukuran 180 x 30 meter dan apron seluas 102.150 meter persegi. Terminal VIP dan VVIP bandara ini mencakup luas total 7.352 meter persegi. (*)

Simak berita dan artikel BorneoFlash lainnya di  Google News

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.