OIKN Tegaskan Kelanjutan Pembangunan IKN di Bloomberg CEO Forum

by -
Editor: Ardiansyah
Diskusi panel bergengsi pada acara Bloomberg CEO Forum, pada Rabu (4/9/2024). Foto: HO/Humas Otorita IKN
Diskusi panel bergengsi pada acara Bloomberg CEO Forum, pada Rabu (4/9/2024). Foto: HO/Humas Otorita IKN

BorneoFlash.com, JAKARTA – Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), Agung Wicaksono, turut berpartisipasi dalam diskusi panel bergengsi pada acara Bloomberg CEO Forum pada Rabu (4/9/2024). 

 

Forum tersebut mempertemukan para pemimpin global untuk membahas masa depan pertumbuhan ekonomi dan investasi.

 

Dalam diskusi tersebut, Otorita IKN melalui Agung menegaskan kembali komitmen pemerintah Indonesia terhadap kelanjutan pembangunan Nusantara, termasuk yang paling menjadi perhatian yakni dalam pembangunan infrastruktur dan investasi yang akan terus dilanjutkan oleh pemerintahan selanjutnya. 

 

Ia menyoroti bahwa perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-79 pada 17 Agustus 2024 menjadi tonggak penting yang menandai transformasi IKN menjadi ” new economic hub ” yang dirancang untuk memperluas pertumbuhan ekonomi dan diwariskan bagi generasi mendatang.

 

Agung Wicaksono menggambarkan IKN sebagai ” City in the making and dream in the progress” yakni kota yang menjadi contoh prinsip-prinsip pembangunan kota modern yang berkelanjutan, inovasi, dan inklusivitas. Segala progres pembangunan kota impian ini tentu saja atas dukungan investasi yang kian signifikan yakni sekitar USD 3,7 miliar dan juga dukungan anggaran APBN. 

 

Sebagai cara untuk memperbesar peluang investasi, IKN membutuhkan kolaborasi dengan berbagai institusi untuk memperkuat investasi dan meningkatkan kepercayaan investor. 

 

Hingga saat ini, terhitung sudah tujuh kali groundbreaking di IKN, dengan rencana groundbreaking berikutnya bersama satu investor asing dalam waktu dekat. Pencapaian ini menunjukkan keseriusan pemerintah dalam pembangunan IKN untuk menciptakan lingkungan ekonomi yang berkembang.

 

Untuk memastikan aliran investasi terus meningkat, Otorita IKN bekerja sama dengan kementerian terkait dalam hal menyusun strategi baru yang berfokus pada pemberian insentif regulasi, fiskal, dan kemudahan dalam berusaha. 

Baca Juga :  Pantau Progres Tol IKN, Menteri PUPR Dorong Percepatan Pembangunan Seksi 6B-6C untuk Capai Target Juni 2025
Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), Agung Wicaksono. Foto: HO/Humas Otorita IKN
Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), Agung Wicaksono. Foto: HO/Humas Otorita IKN

Hal ini beriringan dengan komitmen terhadap pembangunan yang berkelanjutan dan fokus pada penguatan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), juga memastikan bahwa pertumbuhan ekonomi bersifat inklusif dan menguntungkan semua lapisan masyarakat.

 

Pemerintah Indonesia pun tetap terus mendukung dalam menyediakan kepastian finansial untuk pembangunan IKN melalui skema seperti availability payment untuk mendukung skema investasi KPBU dan alokasi infrastruktur dalam RAPBN 2025.

 

Hal ini tertuang pada Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2024 dan Peraturan Presiden Nomor 75 Tahun 2024 untuk percepatan pembangunan IKN. Selain itu, dukungan politik yang luas terhadap pemindahan ibu kota semakin memperkuat masa depan Nusantara sebagai ibu kota negara dan penggerak utama transformasi ekonomi. (*/Humas Otorita IKN)

Simak berita dan artikel BorneoFlash lainnya di  Google News

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.