Misteri Alam Terungkap: Berlian Usia Miliaran Tahun Ditemukan di Botswana

by -
Writer: Wahyuddin Nurhidayat
Editor: Ardiansyah
Berlian kasar terbesar kedua yang pernah ditemukan di dunia, telah digali di sebuah tambang di Botswana. (Foto: AFP)
Berlian kasar terbesar kedua yang pernah ditemukan di dunia, telah digali di sebuah tambang di Botswana. (Foto: AFP)

BorneoFlash.com, –  Tambang Karowe di Botswana baru saja mengungkapkan berlian terbesar yang ditemukan dalam lebih dari satu abad, dengan berat 2.492 karat.

 

Presiden Botswana, Mokgweetsi Masisi, mempresentasikan berlian terbesar kedua yang pernah ditemukan ini dalam sebuah acara pada Kamis (22/8/2024).

 

Presiden Masisi, yang terlihat terpesona saat memegang berlian tersebut, menyebut penemuan ini sebagai “momen luar biasa” dan mengundang pejabat tinggi pemerintah untuk menyaksikannya.

 

Lucara Diamond Corp., perusahaan pertambangan asal Kanada, berhasil menemukan berlian ini menggunakan teknologi sinar-X khusus yang dirancang untuk mendeteksi berlian besar dan bernilai tinggi. Lucara menyatakan bahwa berlian tersebut berkualitas tinggi dan ditemukan dalam kondisi utuh.

 

Penemuan ini menambah daftar berlian besar yang telah ditemukan di Botswana, negara produsen berlian alami terbesar kedua di dunia setelah Rusia, meskipun cara penjualan dan nilai berlian ini belum diputuskan.

 

Tambang Karowe sendiri telah menghasilkan empat berlian lainnya yang melebihi 1.000 karat dalam dekade terakhir.

 

Sebelum penemuan ini, berlian Sewelo yang ditemukan di tambang yang sama pada tahun 2019, diakui sebagai berlian terbesar kedua di dunia dengan berat 1.758 karat.

 

Berlian Lesedi La Rona, yang juga ditemukan di Karowe pada tahun 2015, dijual seharga 53 juta dolar AS pada tahun 2017.

 

Dengan populasi 2,6 juta orang, Botswana telah menjadi salah satu penghasil berlian terbesar di dunia. Berlian-berlian ini terbentuk dari atom karbon yang dipadatkan di bawah tekanan tinggi di kedalaman bumi, dengan usia mencapai miliaran tahun. (*)

Simak berita dan artikel BorneoFlash lainnya di  Google News

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.