Presiden Jokowi Resmikan Pabrik Baterai Hyundai-LG, Komitmen Indonesia Menjadi Pemain Utama Kendaraan Listrik Dunia

oleh -
Penulis: Wahyuddin Nurhidayat
Editor: Ardiansyah
Presiden Joko Widodo saat meresmikan baterai kendaraan listrik di Karawang, Jawa Barat, Rabu, 3 Juli 2024. Foto : Tangkapan layar YouTube
Presiden Joko Widodo saat meresmikan baterai kendaraan listrik di Karawang, Jawa Barat, Rabu, 3 Juli 2024. Foto : Tangkapan layar YouTube

BorneoFlash.comPresiden Joko Widodo meresmikan pabrik dan ekosistem baterai serta kendaraan listrik PT Hyundai LG Indonesia (HLI) Green Power yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat, pada Rabu (3/7/2024).

 

Menurut Presiden, peresmian ini menunjukkan komitmen Indonesia untuk bersaing dalam produksi baterai dan kendaraan listrik di kancah dunia. “Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pada pagi hari ini saya resmikan pabrik dan ekosistem baterai dan kendaraan listrik Korea Selatan di Indonesia,” ujar Jokowi saat peresmian.

 

 

“Namun, kita sering mengekspor hasil SDA dalam bentuk bahan mentah, sehingga tidak memberikan nilai tambah bagi negara. Ketika kita terus mengekspor bahan mentah, cadangannya akan semakin berkurang. “Sekarang, dengan membangun smelter dan pabrik baterai kendaraan listrik, kita akan menjadi pemain global yang penting dalam rantai pasok kendaraan listrik,” tegas Jokowi.
“Kita harus benar-benar bisa menjadi pemain global dalam rantai pasok kendaraan listrik,” lanjutnya.

 

 

Presiden menambahkan bahwa pabrik baterai dan kendaraan listrik PT Hyundai LG Indonesia (HLI) Green Power yang diresmikan ini merupakan pabrik baterai kendaraan listrik pertama dan terbesar di Asia Tenggara.

 

Presiden Jokowi juga yakin bahwa setelah peresmian pabrik ini, Indonesia mampu berkompetisi dengan negara-negara lain di dunia. Sejumlah menteri dan pejabat terkait hadir dalam peresmian tersebut, antara lain Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, dan Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko. (*)

Simak berita dan artikel BorneoFlash lainnya di  Google News

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.