Berikut 9 Minuman Anti Kolesterol Penetral Lemak Usai Makan Daging Idul Adha

by -
Editor: Ardiansyah
Teh hijau memiliki manfaat untuk menurunkan kolesterol tinggi. (SHUTTERSTOCK)
Teh hijau memiliki manfaat untuk menurunkan kolesterol tinggi. (SHUTTERSTOCK)

BorneoFlash.com, KESEHATAN – Tiada hari tanpa makan daging. Hal ini lumrah terjadi di masa Hari Raya Idul Adha. Daging kurban diolah menjadi sate, gulai, tengkleng, tongseng, dan berbagai macam masakan.

 

Sebagian orang khawatir akan mengalami peningkatan kolesterol karena kebanyakan makan daging, terutama bagian yang berlemak. 

 

Untuk menetralkannya bisa mengkonsumsi 9 minuman anti kolesterol.

 

Berikut ini 9 minuman yang dapat menurunkan lemak atau kolesterol, seperti dikutip BorneoFlash.com dari Medical News Today dan Healthline:

 

  1. Teh Hijau

Teh hijau mengandung katekin dan senyawa antioksidan yang dapat membantu menurunkan kadar LDL dan kolesterol total. Penelitian menunjukkan konsumsi teh hijau yang lebih tinggi berhubungan dengan kadar kolesterol LDL yang lebih rendah.

 

  1. Teh Hitam

Selain teh hijau, ada juga teh hitam yang juga bisa menetralkan lemak. Teh ini pun cukup populer digunakan sebagai campuran dalam minuman pelangsing. Teh hitam punya kandungan polifenol, yaitu senyawa antioksidan yang bisa merangsang pemecahan lemak.

 

  1. Smoothie Berry

Buah beri juga baik untuk mengurangi kadar kolesterol karena kaya akan antioksidan dan serat. Buah beri tersebut juga rendah kalori dan lemak. Buah ini seperti stroberi, bluberi, dan rasberi.

 

Buah ini bisa dibuat smoothie dengan cara mencampurkan dua genggam buah beri atau sekitar 80 gram, dengan air dingin dan setengah cangkir susu rendah lemak atau yoghurt rendah lemak. Takaran bisa diubah sesuai selera dan kebutuhan.

Simak berita dan artikel BorneoFlash lainnya di  Google News

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.