Tahapan PPDB Dimulai Pekan Depan, Disdikbud Balikpapan Buka Verifikasi dan Validasi Data Peserta Didik

oleh -
Penulis: Niken Sulastri
Editor: Ardiansyah
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Balikpapan, Irfan Taufik Foto: BorneoFlash.com/Niken Sulastri
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Balikpapan, Irfan Taufik Foto: BorneoFlash.com/Niken Sulastri

BorneoFlash.com, BALIKPAPAN – Proses tahapan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2024/2025 akan berlangsung secara online, pada pekan depan.

 

Proses verifikasi dan validasi data peserta didik dimulai pada tanggal 26 Juni 2024 hingga 3 Juli 2024. Kami melakukan verifikasi dan validasi data untuk memenuhi persyaratan anak-anak yang akan masuk sekolah, meliputi jalur prestasi bidang akademik, non-akademik, tahfiz Alquran, afirmasi, dan perpindahan.

 

“Proses verifikasi dan validasi data peserta didik merupakan yang paling krusial. Ini adalah awal mula dari semua proses PPDB,” jelas Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Balikpapan, Irfan Taufik.

 

Dalam proses verifikasi dan validasi data, Disdikbud Balikpapan mengundang Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, seperti Dinas Sosial, untuk memverifikasi dan memvalidasi data peserta didik untuk jalur afirmasi sesuai dengan kewenangannya.

 

Kemudian, Dinas Penduduk dan Catatan Sipil (Disdukcapil), bertugas untuk membantu masyarakat ketika terdapat persoalan terhadap Kartu Keluarga (KK) atau Kartu Tanda Penduduk (KTP).

 

Untuk jalur Tahfiz Alquran, akan ada petugas dari Kementerian Agama Kota Balikpapan yang akan melakukan verifikasi dan validasi data anak-anak.

 

Akan dilakukan verifikasi secara langsung kepada anak-anak, misalnya hafalan benar atau tidak, begitu juga tes sambung ayat, sehingga tidak melihat piagam atau ijazah tahfiz saja tetapi juga test secara langsung.

 

“Kami undang semua untuk sama-sama bertugas di Kantor Disdikbud. Kita pusatkan semua disini untuk melakukan verifikasi, sehingga masyarakat tidak perlu bolak balik ke dinas terkait,” jelasnya.

 

Jika ingin melakukan verifikasi validasi data agar dapat melakukan pendaftaran secara online, sehingga ketika datang ke kantor Disdikbud sudah mengantongi nomor urut, sehingga pelayanan diberikan sesuai dengan urutan.

Baca Juga :  Peringati Hari Mangrove Sedunia, SSB Luncurkan Program “Saya Sayang Bumi”   

 

Apabila proses verifikasi dan validasi data telah dilakukan, maka peserta bisa melakukan pendaftaran melalui jalur zonasi, afirmasi, prestasi, dan perpindahan pada tanggal 1-4 Juli 2024.

 

Ketika sudah dinyatakan diterima, bisa melakukan pendaftaran ulang untuk jalur zonasi dan lainnya pada tanggal 5-6 Juli 2024. Khusus untuk jalur reguler, akan dibuka pada tanggal 8-9 Juli 2024.

 

Jalur reguler dibuka sekolah, apabila masih ada kuota dari PPDB jalur zonasi, afirmasi, prestasi, dan perpindahan. Apabila sekolah tidak mempunyai kuota, karena sudah terisi peserta didik dari jalur zonasi, afirmasi, prestasi, dan perpindahan, maka sekolah tidak membuka jalur reguler.

 

Melalui jalur reguler, peserta didik bebas bisa mendaftar sekolah meskipun jauh dari tempat tinggalnya, semisal tinggal di Kampung Baru mau mendaftar sekolah di Manggar, hal ini bisa dilakukan peserta didik. “Jadi tidak semua sekolah sama. Jika kuota sudah penuh, maka tidak perlu lagi buka jalur reguler,” sebutnya.

 

Disdikbud Balikpapan telah mempersiapkan jaringan internet ke seluruh sekolah dan juga aplikasi PPDB sebelum memasuki tahapan PPDB, dengan bekerja sama bersama PT Telkom sebagai penyedia sarana dan prasarana tersebut. (Adv)

Simak berita dan artikel BorneoFlash lainnya di  Google News

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.