Libur dan Cuti Bersama Lebaran, BPJS Kesehatan Komitmen Mudahkan Layanan Peserta JKN sampai ke Daerah Tujuan Mudik

oleh -
Penulis: Ardiansyah
Editor: Ardiansyah
Konferensi Pers peluncuran 'Layanan Program JKN saat Libur Lebaran 2024, Mudik Aman Berkesan Bersama BPJS Kesehatan' di lantai 2 kantor BPJS Kesehatan Balikpapan, Rabu, (20/3/2024). Foto: BorneoFlash/Ardian
Konferensi Pers peluncuran 'Layanan Program JKN saat Libur Lebaran 2024, Mudik Aman Berkesan Bersama BPJS Kesehatan' di lantai 2 kantor BPJS Kesehatan Balikpapan, Rabu, (20/3/2024). Foto: BorneoFlash/Ardian

BorneoFlash.com, BALIKPAPAN – Selama masa Cuti Bersama dan Libur Lebaran (8-15) April 2024, BPJS Kesehatan berkomitmen memudahkan peserta JKN dalam mengakses Pelayanan kesehatan yang diperlukan.

 

Hal itu disampaikan oleh Kepala BPJS Kesehatan Sarman Pali’Padang saat Konferensi Pers peluncuran ‘Layanan Program JKN saat Libur Lebaran 2024, Mudik Aman Berkesan Bersama BPJS Kesehatan’ pada Rabu, (20/3/2024).

 

Konferensi Pers yang bertempat di lantai 2 kantor BPJS Kesehatan Balikpapan ini dihadiri wartawan dan mengundang Kepala Dinas Kesehatan Balikpapan Alwiati serta Kabid Pelayanan RSUD Beriman Diah Adhyaksanti.

 

Sarman Pali’Padang mengatakan bahwa penerapan kebijakan tersebut mengacu pada prinsip portabilitas yang dianut BPJS Kesehatan, yakni memberikan jaminan pelayanan kesehatan yang mudah, cepat dan setara yang bisa dimanfaatkan peserta JKN di seluruh wilayah Indonesia.

 

“Peserta yang berada di luar wilayah Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) tempatnya terdaftar, dapat mengakses pelayanan rawat jalan di FKTP lain paling banyak tiga kali kunjungan dalam waktu 1 bulan,” kata Sarman.

 

Adapun mekanisme layanan saat libur dan cuti bersama lebaran bagi peserta JKN dapat memperoleh layanan di Kantor Cabang ataupun melalui aplikasi Whatsapp (PANDAWA) pukul 08.00 hingga 12.00 waktu setempat. Layanan yang dapat diakses yakni layanan informasi, administrasi dan layanan pengaduan.

 

Kemudahan pelayanan administrasi JKN selama libur lebaran diantaranya dapat diakses melalui telepon 0811 8165 165 (PANDAWA), Aplikasi Mobile JKN, VIKA (care center 165), BPJS SATU, CHIKA (08118750400) dan melalui Website bpjs-kesehatan.go.id .

 

“Dan selama libur dan cuti bersama lebaran, pendaftaran atau perubahan data bisa dilakukan sendiri lewat aplikasi Mobile JKN,” kata Kepala BPJS Kesehatan Balikpapan.

Baca Juga :  Harga Logam Mulia Hari Ini Naik Rp 3000 Per Gram di Balikpapan

 

Kemudian untuk pembayaran Iuran JKN, Sarman mengatakan BPJS Kesehatan tetap melayani peserta JKN yang ingin mendaftar autodebit untuk memberikan kemudahan pembayaran Iuran yang bisa dilakukan melalui aplikasi Mobile JKN, website BPJS Kesehatan, Aplikasi Tokopedia dan Gojek.

Simak berita dan artikel BorneoFlash lainnya di  Google News

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.