Tingkatkan Kapasitas SDM Berdaya Saing Global dan Dorong Kolaborasi Multi Sektor, BIRU Gelar Edu Seminar 

oleh -
Penulis: Niken Sulastri
Editor: Ardiansyah
Komisaris PT Bisa Ruang Nuswantara (BIRU), Dian Andyasuri dalam seminar edukasi, di Hotel Novotel, Balikpapan, pada hari Rabu, (6/9/2023). Foto: BorneoFlash.com/Niken Sulastri.
Komisaris PT Bisa Ruang Nuswantara (BIRU), Dian Andyasuri dalam seminar edukasi, di Hotel Novotel, Balikpapan, pada hari Rabu, (6/9/2023). Foto: BorneoFlash.com/Niken Sulastri.
Narasumber lainnya, Indah Shafira Zata Dini, Konsultan Pendidikan, mengatakan pelatihan dan pembelajaran dengan duplikasi lingkungan tempat kerja memainkan peran penting dalam mempersiapkan tenaga kerja yang terampil dan berdaya saing. 

“Duplikasi lingkungan tempat kerja ini tak hanya mampu menciptakan SDM yang adaptif, tapi juga mampu memenuhi kualifikasi kebutuhan industri atau bahkan mampu berkontribusi dalam menciptakan solusi bagi industri terkait,” jelasnya.

Sementara itu, Nanang Rizal Achyar, Wakil Presiden Direktur PT Bukit Makmur Mandiri Utama (BUMA), yang juga merupakan anak usaha Delta Dunia Group, mengungkapkan, BIRU, melalui BISA Ruang Vokasi (BRV), berkolaborasi dengan BUMA dan bekerja sama dengan sejumlah SMK dan pemain industri untuk mengatasi kesenjangan antara kebutuhan tenaga kerja industri dan kompetensi tenaga kerja, serta membuka akses pelatihan yang inklusif melalui konsep link and match antara Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) dengan dunia pendidikan. 

“Kami percaya, kolaborasi ini akan memberikan manfaat luas dan jangka panjang bagi masyarakat, sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi,” ucapnya.

BRV merupakan produk pelatihan kompetensi berbasis industri yang bertujuan meningkatkan kapasitas dan keterampilan lulusan SMK agar sesuai dengan kebutuhan industri. Nantinya, BIRU akan menghadirkan BRV platform, sebuah program e-learning berbasis kompetensi industri yang diperkuat dengan pendekatan virtual reality dalam praktik pembelajaran. 

Platform yang dapat diakses secara daring ini akan memberikan pengalaman belajar yang lebih mendalam, sekaligus meningkatkan literasi digital melalui berbagai modul dan pemanfaatan perlengkapan multimedia yang interaktif, seperti video dan simulasi virtual.

Lulusan BRV akan mendapatkan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) yang mendukung kesesuaian lulusan siswa dengan kebutuhan industri yang semakin meningkat. Ke depannya, BIRU akan terus mengembangkan program peningkatan kompetensi SDM dan memperluas jangkauan ke sektor-sektor lainnya yang membutuhkan tenaga kerja vokasi siap kerja, seperti program pilot yang sedang digarap untuk sektor pariwisata dan perhotelan.

Simak berita dan artikel BorneoFlash lainnya di  Google News

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.