Liburan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah, Pantai Manggar Segara Sari Balikpapan Dongkrak PAD

oleh -
Penulis: Niken Sulastri
Editor: Ardiansyah
Suasana Libur Lebaran di Pantai Segara Sari (Manggar) Foto: Niken/BorneoFlash.com
Suasana Libur Lebaran di Pantai Segara Sari (Manggar) Foto: Niken/BorneoFlash.com

BorneoFlash.com, BALIKPAPAN – Momentum liburan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah dimanfaatkan warga Balikpapan untuk bertamasya, salah satunya di Pantai Manggar Segara Sari, Kelurahan Manggar, Kecamatan Balikpapan Timur.

 

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (DPOP) Kota Balikpapan, dr Ratih Kusuma mengatakan, pengunjung yang menikmati Pantai Manggar Segara Sari hingga hari Senin (24/4/2023), sebanyak 23.250 orang. Hal ini berdasarkan laporan yang diterima dari pihak Unit Pelaksana Teknis (UPT).

 

Libur lebaran tahun ini, pengunjung Pantai Manggar mengalami peningkatan 25 persen dari tahun sebelumnya. Pasalnya, tahun 2023 Pandemi Covid 19 melandai dan tidak ada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Tentunya, peningkatan pendapatan tempat pariwisata ini menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Balikpapan.

 

“Pendapatan Asli Daerah Kota Balikpapan sekitar Rp 266 juta dengan adanya penambahan pengunjung,” ucap Ratih Kusuma kepada media, Selasa (25/4/2023).

 

Adapun jumlah pengunjung di Pantai Manggar mayoritas berasal dari luar daerah seperti Samarinda, Tenggarong dan Bontang. Sedangkan, warga Kota Balikpapan hanya 40 persen.

 

Meskipun kepadatan terjadi, tidak ada insiden yang terjadi di Pantai Manggar, hanya terjadi kehilangan barang atau anggota keluarga. Namun, biasanya bisa langsung ditemukan oleh petugas.

 

Pihak DPOP juga mengevaluasi akibat meningkatnya pengunjung di Pantai Manggar, salah satunya dengan melakukan sistem jemput bola di pintu masuk, sehingga pengunjung membutuhkan waktu 1 hingga 2 menit saat membeli karcis.

Simak berita dan artikel BorneoFlash lainnya di  Google News

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.