Dukung Pembangunan IKN, Pangeran Keraton Yogyakarta GBPH Serahkan Kereta Garuda Kencana ke Wali Kota Balikpapan

oleh -
Penulis: Niken Sulastri
Editor: Ardiansyah
Wali Kota Balikpapan H Rahmad Mas'ud menerima Kereta Garuda Kencana dan Andong dari Pangeran Keraton Yogyakarta Gusti Bendoro Pangeran Haryo (GBPH) Yudhaningrat atau Gusti Yudha, di BSCC /Dome pada hari Sabtu (25/2/2023) malam.
Wali Kota Balikpapan H Rahmad Mas'ud menerima Kereta Garuda Kencana dan Andong dari Pangeran Keraton Yogyakarta Gusti Bendoro Pangeran Haryo (GBPH) Yudhaningrat atau Gusti Yudha, di BSCC /Dome pada hari Sabtu (25/2/2023) malam.

BorneoFlash.com, BALIKPAPAN – Pangeran Keraton Yogyakarta Gusti Bendoro Pangeran Haryo (GBPH) Yudhaningrat atau Gusti Yudha, menyerahkan Kereta Garuda Kencana dan Andong kepada Wali Kota Balikpapan H Rahmad Mas’ud yang ditandai dengan penyerahan pecut kuda.

 

Penyerahan kereta dan andong dirangkai pula dengan Pagelaran Wayang Kulit, dengan Dalang Ki Catur Kuncoro dari Yogyakarta. 

 

Kegiatan berlangsung di Balikpapan Sport & Convention Center (BSCC Dome Balikpapan) Jalan Ruhui Rahayu nomor 1 Kelurahan Sepinggan Kecamatan Balikpapan Selatan, pada hari Sabtu (25/2/2023) malam, dalam rangka untuk memeriahkan HUT Ke 126 Kota Balikpapan dan mendukung pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

 

Pangeran Keraton Yogyakarta Gusti Bendoro Pangeran Haryo (GBPH) Yudhaningrat menyampaikan, Kereta Garuda Kencana ini diberikan sebagai simbol budaya, sehingga kereta ini dapat dikenal seluruh Indonesia bukan hanya Yogyakarta. “Kereta ini mengingatkan kita jangan sampai keluar dari budaya kita,” jelaskan kepada awak media.

 

Disisi lain, diberikan kepada Kota Balikpapan untuk mempersiapkan IKN di Provinsi Kaltim. Semisal adanya kegiatan upacara bendera 17 Agustus di IKN untuk membawa bendera merah putih, biasa menggunakan kereta. Kota Balikpapan sudah ada kereta kencana.

 

Meskipun, Kereta Garuda Kencana yang diberikan ini bermodelkan Eropa. “Di Keraton Yogyakarta banyak kereta kencana kayak Eropa,” ucapnya.

Pemberian Kereta Garuda Kencana dari Pangeran Keraton Yogyakarta Gusti Bendoro Pangeran Haryo (GBPH) Yudhaningrat atau Gusti Yudha, di BSCC /Dome pada hari Sabtu (25/2/2023) malam.
Pemberian Kereta Garuda Kencana dari Pangeran Keraton Yogyakarta Gusti Bendoro Pangeran Haryo (GBPH) Yudhaningrat atau Gusti Yudha, di BSCC /Dome pada hari Sabtu (25/2/2023) malam. Foto: Niken/BorneoFlash.com

Sementara itu, Walikota mengucapkan terima kasih karena pada kesempatan ini, menerima kereta garuda kencana dan andong dari Pangeran Keraton Yogyakarta (GBPH) Yudhaningrat atau Gusti Yudha.

 

Ini sebagai bentuk dukungan terhadap pembangunan Ibu Kota Negara di Provinsi Kaltim, Jadi kalau Ibu Kota membutuhkan kereta tidak perlu didatangkan dari Jawa, Ini perwakilan dan sudah terwakilkan budaya khususnya Kesultanan dengan adanya Kereta Kencana Garuda dan andong.

Baca Juga :  Bupati Kutai Barat, FX Yapan Minta Masyarakat Tingkatkan Kesadaran Membayar Pajak

 

“Mudah-mudahan dengan IKN orang mengenang kembali, bagaimana kesultanan Yogyakarta dan wujud dukungan IKN di Kaltim,” ucapnya.

Simak berita dan artikel BorneoFlash lainnya di  Google News

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.