Peresmian Program Kota Kita: Langkah Baru Penyediaan Air Bersih untuk Gunung Sari Ulu

by -
Writer: Wahyuddin Nurhidayat
Editor: Ardiansyah
Kepala Disperkim Kota Balikpapan, Rafiuddin. Foto: BorneoFlash/Niken Sulastri
Kepala Disperkim Kota Balikpapan, Rafiuddin. Foto: BorneoFlash/Niken Sulastri

BorneoFlash.com, BALIKPAPAN – Program Kota Kita akan diluncurkan pada Rabu (11/9/2024), dimulai dengan penyediaan air bersih di Kelurahan Gunung Sari Ulu (GSU) sebagai pilot project.

 

Pemerintah Kota akan meningkatkan infrastruktur sumur bor di RT 35 yang dibangun pada 2022. Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) akan bekerja sama dengan pemangku kepentingan untuk melengkapi sarana pendukung dalam pengelolaan air bersih.

 

Kepala Disperkim, Rafiuddin, menyatakan bahwa program ini hampir selesai, dengan fokus merapikan agar air layak digunakan oleh warga.

 

Pemerintah Kota sedang membangun reservoir, menginstal water treatment, serta menyediakan tandon, mesin filter air, selang, dan pipa.

 

Air sumur bor memerlukan treatment sebelum bisa dimanfaatkan. Setelah kami melakukan treatment, kami menguji kualitas air di Labkesda Balikpapan dan menyatakan air tersebut layak digunakan.

 

Disperkim akan menyerahkan pengelolaan sumur kepada kelompok penerima manfaat dari warga setempat.

 

Kelompok ini akan bertanggung jawab atas pemeliharaan dan sambungan air ke rumah warga. Mereka akan berkoordinasi dengan RT dan warga untuk memastikan pemanfaatan air berjalan baik dan mengatur sistem pembayaran melalui musyawarah.

 

Diharapkan, program ini akan membantu warga RT 29, RT 35, RT 37, dan RT 40, yang selama ini kesulitan mendapatkan pasokan air dari PDAM.

 

Dengan adanya program ini, warga tidak perlu lagi membeli air tandon. Peluncuran program akan diadakan di lokasi sumur, dengan penyerahan fasilitas kepada masyarakat. (*)

Simak berita dan artikel BorneoFlash lainnya di  Google News

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.