PLN Pastikan Kelistrikan IKN Siap 100% untuk HUT ke-79 RI dengan Teknologi Ramah Lingkungan

by -
Writer: Wahyuddin Nurhidayat
Editor: Ardiansyah
Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo di Ibu Kota Nusantara (IKN). Foto: HILDA B ALEXANDER
Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo di Ibu Kota Nusantara (IKN). Foto: HILDA B ALEXANDER

BorneoFlash.com, NUSANTARA – Direktur Utama PT PLN , Darmawan Prasodjo, memastikan bahwa sistem kelistrikan di Ibu Kota Nusantara sudah siap 100% untuk mendukung upacara HUT ke-79 Kemerdekaan RI.

 

Mereka merancang sistem kelistrikan ini dengan teknologi terkini yang berbasis listrik bersih, hijau, dan ramah lingkungan.

 

Darmawan menjelaskan bahwa sistem ini menyuplai daya sebesar 3 Megawatt (MW), dengan 1,5 MW untuk kebutuhan normal dan tambahan 1,5 MW khusus untuk upacara.

 

Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) IKN yang berkapasitas 10 MW menyuplai listrik tersebut, dengan 7 MW di antaranya diekspor ke sistem interkoneksi di Kalimantan.

 

Selain itu, PLN mempersiapkan infrastruktur lain seperti jalur transmisi, distribusi, layanan digital untuk kendaraan listrik, dan kesiapan personel.

 

Mereka membangun sebanyak 18 stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) di tiga lokasi: Kementerian Sekretariat Negara, Stadion Batakan di Balikpapan, dan gardu umum milik PLN.

 

Darmawan menambahkan bahwa mereka telah membuktikan kesiapan ini saat Presiden Joko Widodo berkantor di IKN pada 28-30 Juli 2024.

 

PLN terus memastikan dukungannya terhadap pembangunan IKN sebagai Kota Hutan yang pintar, indah, dan ramah lingkungan. (*)

Simak berita dan artikel BorneoFlash lainnya di  Google News

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.