Pembukaan APEKSI XVII, Wali Kota Balikpapan Berharap Peserta Forum Dukung dan Sukseskan IKN  

oleh -
Penulis: Niken Sulastri
Editor: Ardiansyah
Wali Kota Balikpapan H Rahmad Mas'ud Saat pembukaan Rakernas APEKSI XVII Tahun 2024 yang berlangsung, di Gedung Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC)/DOME pada Selasa (4/6/2024). Foto: BorneoFlash/IST
Wali Kota Balikpapan H Rahmad Mas'ud Saat pembukaan Rakernas APEKSI XVII Tahun 2024 yang berlangsung, di Gedung Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC)/DOME pada Selasa (4/6/2024). Foto: BorneoFlash/IST

BorneoFlash.com, BALIKPAPANWali Kota Balikpapan H Rahmad Mas’ud mengikuti pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) XVII tahun 2024 yang berlangsung, di Gedung Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC)/DOME pada Selasa (4/6/2024). 

 

Wali Kota Balikpapan mengucapkan selamat datang kepada delegasi dan seluruh peserta rakernas APEKSI XVII tahun 2024. 

 

Forum yang mengangkat tema “Kota Sejahtera, Indonesia Maju” ini dapat menghasilkan gagasan konstruktif, untuk  kemajuan pembangunan seluruh kota di seluruh tanah air.

 

“Saya berharap forum ini dapat membahas kekompakan seluruh kota untuk dapat mendukung dan menyukseskan pembangunan Ibu Kota Nusantara,” ucapnya saat pembukaan APEKSI.

 

Rahmad mengajak agar mendayagunakan APEKSI sebagai alat perjuangan, melalui kolaborasi pemikiran, melibatkan peran serta generasi muda, menumbuhkan kesejahteraan kota menjadi gerbang lokomotif pembangunan dan peradaban bangsa.

 

“Kesepahaman kita bersama, adanya IKN  tidak hanya akan berdampak positif bagi daerah-daerah yang ada di sekitarnya, tetapi juga dimaksudkan untuk mendorong pembangunan nasional yang lebih merata,” katanya.

 

Hal ini sudah menjadi isu yang cukup lama, di mana sebagian saudara di beberapa kota, khususnya yang terletak agak jauh dari sentra pembangunan, perlu untuk mendapatkan perhatian agar bisa bersama-sama tumbuh menjadi kota yang sejahtera.

 

Apalagi saat ini merupakan era kolaborasi, sudah seharusnya keberadaan kota-kota bisa saling menguatkan. “Dengan adanya cita-cita untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045, artinya kurang lebih 20 tahun saja lagi waktu yang tersisa sebelum kita menjawab apakah kita mampu mewujudkan cita-cita tersebut,” terangnya.

 

Rakernas dibuka Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan menumbuk lesung, didampingi Ketua Dewan Pengurus APEKSI Eri Cahyadi; Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian; Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia; Panglima TNI, Jenderal TNI Agus Subiyanto dan Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim, Akmal Malik. 

Baca Juga :  Kakanwil Kemenkumham Kaltim Beserta Jajaran Kunjungi Pemkab PPU, Dukung Pembangunan dan Pengembangan IKN Sebagai PSN
Pembukaan APEKSI XVII tahun 2024 yang berlangsung di Gedung Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC)/DOME pada Selasa (4/6/2024). Foto: BorneoFlash/IST
Pembukaan APEKSI XVII tahun 2024 yang berlangsung di Gedung Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC)/DOME pada Selasa (4/6/2024). Foto: BorneoFlash/IST

Rakernas APEKSI XVII tahun 2024 berlangsung mulai 1-6 Juni 2024, dengan berbagai rangkaian kegiatan berlangsung mulai dari Youth City Changer (YCC), dan Karnaval Budaya.

 

Ketua Dewan Pengurus APEKSI, Eri Cahyadi menyampaikan setiap kota memiliki kelebihan masing-masing, setiap kota memiliki aplikasi untuk semua kepentingan masyarakat di kota masing-masing, sehingga APEKSI bersepakat semua kota akan menjadi satu di bawah naungan APEKSI. 

 

“Kami sepakat, jangan sampai ada kota yang maju sendiri dan ada kota yang tertinggal. Kami dengan Bersatu dalam APEKSI, bagaimana kita bersinergi dengan kebijakan Presiden maupun dengan kebijakan Pemerintah Pusat, sehingga kita bisa memberikan yang terbaik bagi warga kota di wilayah masing-masing,” terangnya.

 

Termasuk juga mendukung pembangunan Ibu Kota di IKN, karena peradaban baru akan muncul dimana kerajaan pertama di Kutai Kartanegara ada di Kalimantan Timur. “IKN ini, bagaimana kita membangun kota tangguh, bagaimana kita membangun kota hijau, bagaimana kita membangun kota smart,” pungkasnya. (Adv)

Simak berita dan artikel BorneoFlash lainnya di  Google News

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.