Timnas Indonesia Kalahkan Vietnam 1-0, Membuka kans Lolos ke 16 Besar Piala Asia 2023

oleh -
Editor: Ardiansyah
Timnas Indonesia menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya sebelum laga Piala Asia 2023 versus Vietnam, Jumat (19/1/2024). (c) AP Photo/Hussein Sayed
Timnas Indonesia menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya sebelum laga Piala Asia 2023 versus Vietnam, Jumat (19/1/2024). (c) AP Photo/Hussein Sayed

BorneoFlash.com – Raihan positif itu membuka kans Indonesia untuk memenuhi target menembus babak 16 besar.

 

Indonesia telah terbangun dari dua mimpi buruk berkat kemenangan 1-0 atas Vietnam pada laga kedua Grup D Piala Asia 2023, di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha. Jumat (19/1/2024) malam.

 

Gol tunggal Asnawi Mangkualam melalui eksekusi titik penalti di menit ke-42 meruntuhkan dua ”kutukan” Indonesia. Pertama, Asnawi menjadi pemain Indonesia pertama di era Pelatih Shin Tae-yong yang mampu membobol gawang Vietnam.

 

Pada empat pertemuan sebelumnya, Indonesia selalu gagal menaklukkan lini pertahanan Vietnam. Selain urusan mencetak gol, Shin juga akhirnya bisa memetik kemenangan dari laga menghadapi Vietnam sejak memimpin ”Garuda” menghadapi rival Asia Tenggara itu pada ajang kualifikasi Piala Dunia 2022, pertengahan 2021.

 

Pada empat duel sebelumnya, Indonesia menderita dua kekalahan dan dua kali menahan imbang dengan skor tanpa gol. Hasil seri itu tercipta pada turnamen regional Piala AFF. 

 

Adapun mimpi buruk kedua adalah catatan negatif Indonesia yang selalu tumbang di gim kedua Piala Asia. Sejak tampil di Piala Asia Uni Emirat Arab 1996, Garuda selalu tumbang dari lawan-lawan.

 

Hasil kemenangan itu membuka peluang Indonesia untuk mencetak sejarah baru di kancah Asia, yakni lolos ke fase gugur pesta sepak bola terakbar Asia untuk pertama kali. 

Simak berita dan artikel BorneoFlash lainnya di  Google News

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.