Canggihnya Panser Israel yang Tak Berdaya oleh Hamas

oleh -
Editor: Ardiansyah
Panther APC milik tentara Israel. Foto: IST/Detik
Panther APC milik tentara Israel. Foto: IST/Detik

Sekilas tentang Panther

Panther adalah kendaraan lapis baja yang diperkenalkan oleh Divisi Teknologi dan Logistik IDF pada tahun 2019. Kendaraan ini dirancang untuk memenuhi berbagai peran operasional, termasuk transportasi pasukan, evakuasi personel yang terluka, dan operasi penangkapan. 

 

Panther menggantikan kendaraan tua seperti pengangkut personel lapis baja seperti Safaron dan Wolf.

 

Panther dirancang untuk konfrontasi dan tugas keamanan berintensitas rendah, dengan kompartemen tempur yang membawa 12 hingga 14 tentara.

 

Kendaraan ini dibangun dari basis FMTV (Family of Medium Tactical Vehicles) buatan Oshkosh Defense, Amerika Serikat. Tetapi Israel memodifikasi Panther untuk digunakan sesuai kebutuhan.

 

Panther dengan bobotnya yang minimal 10 ton bisa mencapai kecepatan tertinggi sekitar 90 km/jam namun biasanya dioperasikan pada kecepatan lebih rendah sekitar 55-60 km/jam.

 

Kendaraan ini dilengkapi dengan sistem pengawasan, termasuk kamera perimeter untuk memantau aktivitas dari berbagai sudut, serta sistem interkom untuk komunikasi efektif antara pengemudi dan komandan selama operasi. 

 

Panther juga dilengkapi AC dan sistem pemanas yang ditingkatkan.

 

Panther juga memiliki perlindungan dirancang untuk menyerap peluru senjata ringan, seperti senapan mesin, hingga kaliber 7,62 mm.

Simak berita dan artikel BorneoFlash lainnya di  Google News

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.