Padat Penduduk dan Rawan Longsor, Komisi III DPRD Bontang Minta Pemkot Segera Tindaklanjuti Lahan Curam di Berebas Tengah

by -
Writer: Ardiansyah
Editor: Ardiansyah
Kolase Ketua Komisi III DPRD Bontang Amir Tosina saat sidak ke Jalan Selat Malaka Gang Merpati 1 RT 55 Kelurahan Berebas Tengah, Senin (18/9/2023). Foto: HO.
Kolase Ketua Komisi III DPRD Bontang Amir Tosina saat sidak ke Jalan Selat Malaka Gang Merpati 1 RT 55 Kelurahan Berebas Tengah, Senin (18/9/2023). Foto: HO.

BorneoFlash.com, BONTANG – Komisi III DPRD Bontang melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Jalan Selat Malaka Gang Merpati 1 RT 55 Kelurahan Berebas Tengah, kota Bontang, Kalimantan Timur pada Senin (18/9/2023). 

Ketua Komisi III DPRD Bontang Amir Tosina mengatakan bahwa wilayah yang padat penduduk dan curam itu membutuhkan dinding penahan dan irigasi untuk mencegah adanya longsor di kemudian hari, apalagi saat musim hujan datang.

Amir juga mengatakan Pemkot Bontang harus memperhatikan wilayah-wilayah yang rawan longsor untuk bisa dicegah, jangan sampai saat kejadian baru Pemkot akan bertindak.

“Ini warga was-was takut kalau longsor karena wilayah ini tinggi dan pemukiman padat. Jadi perlu dibangun tebing atau irigasi,” kata Amir Tosina, Senin (18/9/2023). 

Pemilik lahan yang berada di atas pemukiman sudah bersedia menghibahkan tanahnya dengan luasan 18 meter persegi untuk dibangun turap serta irigasi. 

Fungsi tebing dan irigasi itu dapat mencegah air masuk kedalam tahan dan mengakibatkan pergeseran. Amir Tosina meminta agar Pemkot segera menindaklanjuti hal tersebut. 

“Itu ada warga sudah siap hibahkan tanahnya. Jadi bisa langsung ditindaklanjuti segera. Kita juga akan gelar RDP,” katanya. 

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Bidang Prasarana, Sarana, dan Utilitas (PSU) Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DKPP) Bontang Andi Ilham akan menindaklanjuti hasil Sidak bersama dengan Komisi III

“Kita akan tindaklanjuti. Untuk yang hibah memang harus ada surat persetujuan diatas kertas tidak cukup dengan lisan,” kata Andi Ilham.

Simak berita dan artikel BorneoFlash lainnya di  Google News

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.