Gempa Bumi Terkini Berkekuatan Magnitude 5,0 Guncang Sinabang – Aceh

oleh -
Editor: Ardiansyah
Above view of ground grey cracks in desert. Concept lack of moisture.

BorneoFlash.com, Update BMKG – Gempa bumi merupakan peristiwa alam yang tak bisa diprediksi kapan akan terjadi. Pada Selasa, 5 September 2023, pukul 22.58.04 WITA, gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 5,0 mengguncang daerah Sinabang, Provinsi Aceh.

Menurut data yang di kutip melalui Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), episentrum gempa berada sekitar 76 kilometer barat laut dari kota Sinabang. Kedalaman gempa ini mencapai 10 kilometer di bawah permukaan laut. 

Saat gempa ini terjadi, banyak warga yang merasakan getaran kuat, terutama di sekitar Sinabang dan daerah sekitarnya. Getaran ini cukup signifikan untuk mengakibatkan beberapa kerusakan pada bangunan-bangunan di sekitar episentrum.

Meskipun gempa ini cukup kuat, BMKG mengonfirmasi bahwa tidak ada potensi tsunami akibat peristiwa ini. Ini merupakan kabar baik bagi penduduk pesisir yang seringkali menjadi yang paling rentan terhadap ancaman gelombang laut setelah terjadinya gempa bumi.

Data koordinat gempa menunjukkan bahwa episentrum berada pada koordinat 2.68 lintang utara dan 95.89 bujur timur. Koordinat ini memberikan gambaran lebih lanjut tentang lokasi pasti terjadinya gempa dan bagaimana guncangannya menyebar ke berbagai daerah di sekitarnya.

Saat gempa ini terjadi, banyak warga yang merasakan kepanikan dan ketidakpastian. Mereka khawatir akan kemungkinan adanya gempa susulan yang bisa lebih kuat atau berpotensi menyebabkan kerusakan lebih lanjut. 

Informasi lebih lanjut tetap terus update perkembangan terkini yang akan di berikan oleh BMKG Setempat dan pihak Berwenang.

Simak berita dan artikel BorneoFlash lainnya di  Google News

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.