Mengenal Peristiwa Penting Nuzulul Qur’an pada 17 Ramadhan

oleh -
Penulis: Redaksi
Editor: Ardiansyah
Dalam pengertian terhadap proses turunnya Al-Qur'an, terdapat beberapa pendapat dari para ahli tafsir.
Dalam pengertian terhadap proses turunnya Al-Qur'an, terdapat beberapa pendapat dari para ahli tafsir.

BorneoFlash.com – Peristiwa turunnya Al-Qur’an disebut sebagai Nuzulul Qur’an. Nuzulul Qur’an merupakan salah satu peristiwa penting dalam sejarah umat Islam.

Menurut pengertian yang disampaikan melalui kutipan Az Zarqany dalam Buku Kamus Al-Qur’an: Quranic Explorer karya Ali As-Sahbuny, kata nuzulul atau nuzul dalam bahasa Arab berarti berpindahnya sesuatu dari atas menuju ke bawah.

Dalam pengertian terhadap proses turunnya Al-Qur’an, terdapat beberapa pendapat dari para ahli tafsir. Beberapa pendapat diantaranya yang kemudian disebut dengan metode kaifiyat tanzil adalah sebagai berikut:

– As Suyuthy berpendapat bahwa Allah SWT menurunkan Al-Qur’an dari Lauh Mahfudz ke Baitul Izzah atau langit dunia ketika Lailatul Qadar secara sekaligus. Kemudian, penurunan ini dilakukan secara bertahap selama 20, 23, atau 25 tahun, sesuai perbedaan pendapat tentang masa tinggal Rasulullah SAW di Makkah setelah bi’tsah (hari Nabi Muhammad SAW diangkat menjadi nabi).

– Allah SWT menurunkan Al-Qur’an ke langit dunia 20, 23, atau 25 kali lailatul qadar. Penurunan ini dilakukan pada setiap Lailatul Qadar tersebut jumlahnya sesuai pada setiap tahunnya, sesuai dengan ketetapan Allah SWT, kemudian baru diturunkan secara bertahap.

– Penurunan Al-Qur’an dimulai saat Lailatul Qadar, kemudian penurunan ini dilanjutkan secara bertahap sepanjang masa penurunannya.

– Al-Qur’an diturunkan Allah SWT dari Lauh Mahfudz sekaligus, namun ditahan terlebih dahulu oleh para penjaganya. Kemudian penjaga ini mengangsurnya selama 20 malam kepada Malaikat Jibril AS yang kemudian baru ia turunkan secara bertahap kepada Nabi Muhammad SAW selama 20 tahun lamanya.

Waktu Peristiwa Turunnya Al-Qur’an

Selanjutnya, mengenai kapan peristiwa Nuzulul Qur’an ini terjadi, terdapat beberapa pendapat. Namun, salah satu pendapat yang memiliki dasar kuat adalah menyebutkan peristiwa turunnya Al-Qur’an ini terjadi pada tanggal 17 Ramadhan.

Simak berita dan artikel BorneoFlash lainnya di  Google News

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.