BMKG Prediksi Cuaca Angin Kencang dan Hujan Lebat Dalam Beberapa Waktu Kedepan

oleh -
Kepala Stasiun Meteorologi Kelas I SAMS Sepinggan Balikpapan, Erika Mardiyanti. Foto : BorneoFlash.com/Eko.
Kepala Stasiun Meteorologi Kelas I SAMS Sepinggan Balikpapan, Erika Mardiyanti. Foto : BorneoFlash.com/Eko.

BorneoFlash.com, BALIKPAPAN Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) memprediksi cuaca angin kencang (puting beliung) hujan lebat gelombang tinggi  berpotensi terjadi di Balikpapan dalam beberapa waktu kedepan.

Hal tersebut seperti diutarakan Kepala Stasiun Meteorologi Kelas I SAMS Sepinggan Balikpapan, Erika Mardiyanti, bahwa. Hal tersebut terjadi dikarenakan saat ini terjadi tropical cyclone di Samudra Hindia.

Erika Mardiyanti katakan, pada posisi ini diakuinya terjadi pergerakan menjauh, namun  untuk wilayah Balikpapan sendiri, karena cyclone itu timbul hingga punah itu memerlukan beberapa waktu. Untuk saat kata dia saat masih proses tumbuh hanya saja memang agak menjauh.

“Yang kami khawatirkan disini adalah ekornya. Kalau dia sudah menjauh dampak ekornya larinya ke angin kencang dan hujan lebat. Kenapa di Balikpapan agak panas karena uap airnya tertarik kesana daerah Tropical Cyclone  tersebut,” ujarnya kepada awak media Jumat (3/12/2021).

Oleh karena itu lanjut dia terangkan,  yang perlu di antisipasi untuk wilayah di Balikpapan ini adalah glombang tinggi yang itu memang masih cenderung aman, namun perlu tetap diantisipasi.

“Dan untuk angin puting beliung itu karena penguapan yang tinggi perlu diantisipasi juga, termasuk dengan  longsor dan banjir,” bebernya.

Untuk itu, pihaknya juga meminta masyarakat agar selalu mengupdate informasi BMKG. Hal ini dikarenakan pergerakan kondisi cuaca itu tidak ada batas ruang dan waktu. 

Itu ada jangka panjang dan jangka pendek. Jangka panjang itu tahunan musiman dan bulanan sedangkan prakiraan jangka pendek sendiri ada mingguan harian hingga pada posisi jam.

Kenapa pada akhirnya kami memberikan informasi jangka dan beberapa hari karena kami dari BMKG harus meng update setiap hari.

” Kalau di Balikpapan ini lebih ke dominan lokal. Karena memang dekat dengan pantai dan laut. Dan itu yang perlu kita jaga semua. Kalau di Balikpapan ini yang dikhawatirkan jika terjadi gempa di daerah Sulawesi karena Kalimantan berdampak langsung dengan wilayah Balikpapan,” jelasnya.

Baca Juga :  Pemantauan Keamanan : Posko Idul Fitri di Wilayah Hukum Balikpapan Utara Aman dan Kondusif 

Sampai terakhir ini Balikpapan tidak bisa dikatakan aman dari gempa. Hanya saja tetap terjadi beberapa gempa yang terjadi di Balikpapan namun masih dibawah skala 5 skala richter (tektonik).

“Mudah-mudahan saja prediksi yang kami buat tentunya besar harapan diantisipasi dan memitigasi kejadian tersebut tentunya. Meski kami tidak mengharapkan adanya bencana,” pungkasnya.

(BorneoFlash.com/Eko)

Simak berita dan artikel BorneoFlash lainnya di  Google News

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.