Tanyakan Progres Perumda Manuntung Sukses, Komisi II DPRD Balikpapan Gelar RDP

oleh -
Penulis: Niken Sulastri
Editor: Ardiansyah
Ketua Komisi II DPRD Kota Balikpapan, Suwanto. Foto: BorneoFlash/Niken Sulastri
Ketua Komisi II DPRD Kota Balikpapan, Suwanto. Foto: BorneoFlash/Niken Sulastri

BorneoFlash.com, BALIKPAPAN – Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Balikpapan, dengan Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Manuntung Sukses, berlangsung di Ruang Rapat Paripurna DPRD Balikpapan, pada hari Senin (10/6/2024).

 

RDP dipimpin oleh Ketua Komisi II DPRD Balikpapan, Suwanto dan diikuti seluruh Komisi II DPRD Balikpapan, Bagian Perekonomian Setda Kota Balikpapan.

 

Suwanto saat ditemui usai RDP mengatakan bahwa pertemuan tersebut, mempertanyakan capaian keuangan yang dihasilkan Perumda Manuntung Sukses, yang mana perusahaan daerah ini salah satu milik Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan.

 

“Hasilnya cukup bagus dari dua tahun yang lalu. Sudah ada keuntungan yang didapat sama Perumda Manuntung Sukses. Mereka sudah menunjukkan niat untuk bekerja dengan baik,” jelasnya kepada media.

 

Suwanto mengatakan Perumda Manuntung Sukses saat ini sudah mendapatkan keuntungan, artinya lebih baik dari sebelumnya. Sejak dibawah pimpinan Andi Sangkuru selaku Direktur Utama Perumda Manuntung Sukses beserta jajaran yang baru, Perumda sudah ada menghasilkan keuntungan, dengan posisi keuangan saat ini mencapai Rp7 miliar dari minus Rp3 miliar di tahun 2020. 

 

Disisi lain, pertemuan ini juga membahas tenaga lokal Balikpapan yang saat ini dikelola Perumda Manuntung Sukses. Untuk meningkatkan keahlian tenaga lokal Balikpapan, Perumda Manuntung Sukses memberikan pelatihan dan sertifikasi, khusus di bidang las.

 

Seperti yang disampaikan Perumda dalam pertemuan, tenaga kerja Kota Balikpapan masih banyak yang belum sesuai yang dibutuhkan, seperti salah satunya sertifikasi pengelasan tenaga lokal masih banyak yang mempunyai grade dua sedangkan yang dibutuhkan sertifikasi grade lima.

 

“Kita bahas tenaga lokal. Balikpapan butuh tenaga lokal yang benar-benar bisa menjalankan pekerjaan sesuai dengan keahlian. Tenaga lokal nantinya akan dimasukkan di perusahaan yang membutuhkan sesuai keahliannya,” terangnya 

Baca Juga :  Komisi IV DPRD Balikpapan Tanyakan Persiapan Mekanisme Pelaksanaan PPDB Tahun Ajaran 2022/2023

 

Pengadaan bahan pangan, yang dilakukan Perumda Manuntung Sukses, salah satunya dengan daerah Sulawesi untuk komoditi beras dan Jaringan Gas (Jargas), juga dibahas dalam pertemuan tersebut.

Direktur Utama Perumda Manuntung Sukses, Andi Sangkuru. Foto: BorneoFlash/Niken Sulastri
Direktur Utama Perumda Manuntung Sukses, Andi Sangkuru. Foto: BorneoFlash/Niken Sulastri

Direktur Utama Perumda Manuntung Sukses, Andi Sangkuru mengatakan bahwa RDP yang berlangsung dengan Komisi II DPRD Balikpapan, untuk menanyakan progres dari program kerja Perumda Manuntung Sukses, yang sudah dijalankan mulai dari Desember 2021 sampai dengan Desember 2023.

 

“Fokus utama sekarang ini tenaga kerja, walaupun kami mengembangkan 13 bidang usaha. Kami fokus di enam bidang usaha saja tahun ini,” ujarnya.

 

Perumda Manuntung Sukses menyalurkan tenaga kerja untuk proyek RDMP, proyek Jaringan Gas  Balikpapan, advertising, pelabuhan, komoditi pangan dan perdagangan umum. “Kami memasok tenaga kerja untuk tukang las dan sejenisnya. Kita tingkatkan skill mereka dengan memberikan pelatihan,” ucapnya. (Adv)

Simak berita dan artikel BorneoFlash lainnya di  Google News

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.