Partisipasi Pemilu Tahun 2024, KPU Balikpapan Semaksimal Mungkin Capai Target Nasional  77, 5 Persen

oleh -
Penulis: Niken Sulastri
Editor: Ardiansyah
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan, Noor Thoha. Foto: BorneoFlash.com/Niken Sulastri.
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan, Noor Thoha. Foto: BorneoFlash.com/Niken Sulastri.

BorneoFlash.com, BALIKPAPAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan menargetkan partisipasi Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024 secara nasional sebesar 77,5 persen.

 

Pemilu tahun 2019, partisipasi di Kota Balikpapan 80 persen untuk pemilihan presiden dan 79 persen untuk pemilihan legislatif.

 

“Jadi kita masih diatas nasional. Tahun 2024 masih target nasional masih 77,5 persen. Kita semaksimal mungkin. Mudah-mudahan cuaca bagus. Insyaallah mempengaruhi,” ucap Ketua KPU Kota Balikpapan, Noor Thoha kepada media di sela-sela peninjauan TPS di Kecamatan Balikpapan Timur, pada baru Selasa (13/2/2024).

 

Dalam pemilu 2024, KPU Balikpapan mempunyai TPS khusus sebanyak tujuh TPS khusus yakni di Pertamina ada tiga TPS, IKN ada tiga TPS dan Lapas Rutan satu TPS. “Jumlah DPT sebanyak 2 ribuan untuk TPS khusus,” imbuhnya.

 

Jumlah pemilih di Kota Balikpapan berjumlah 509.824 orang sehingga dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) dikalikan lima kertas suara plus dua persen. “Jadi ada 2,5 juta” ungkapnya.

 

Sedangkan Daftar Pemilih Tambahan (DPTB) berjumlah 2-3 ribuan. DPTB ini akan digunakan untuk mengakomodir orang yang tidak bisa menggunakan hak pilihnya di kampung halamannya, sehingga bisa diakomodir di Balikpapan.

 

“DPTB kita ini kan sampai tanggal 7 Februari 2024 bergerak terus,” imbuhnya.

Simak berita dan artikel BorneoFlash lainnya di  Google News

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.