Pemkab Kubar Apresiasi Gelaran Sosialisasi Pemberdayaan Karang Taruna Pemuda oleh Provinsi Kaltim

oleh -
Penulis: Tommy
Editor: Ardiansyah

BorneoFlash.com, SENDAWAR – Demi membangun Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) di Kalimantan Timur (Kaltim), Pemerintah Kabupaten Kutai Barat (Pemkab Kubar) gelar sosialisasi pemberdayaan karang taruna pemuda yang berkolaborasi dengan Dinas Sosial (Dinsos) dan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kubar.

 

Dalam sosialisasi itu diikuti sebanyak 36 peserta yang terdiri dari Camat, Ketua serta perwakilan Karang Taruna se-Kecamatan di  Kutai Barat ini dilaksanakan di Hotel Loveta, Jumat (17/11/2023).

 

Acara yang diinisiasi oleh Dispora Provinsi Kaltim sangat disambut baik oleh Pemkab Kubar dan mengapresiasi kegiatan yang sangat membantu untuk perkembangan Karang Taruna di Kubar. Yang mana Karang Taruna sendiri yaitu di bawah naungan instansi Dinas Sosial.

 

“Kami menyambut baik dan berterimakasih sekali kepada Dispora Provinsi yang sudah melaksanakan kegiatan ini. Dan kami mengharapkan kedepannya kegiatan seperti ini terus berlangsung dan kolaborasi tetap berjalan dengan lancar sesuai dengan yang diharapkan,” kata Penyuluh Ahli Muda Kelembagaan Kepahlawanan dan Restorasi Sosial(KKRS), Inoq yang juga selaku support kelembagaan Karang Taruna mewakili Kepala Dinas Sosial, yang mana juga bersama Kabid Linjamsos, Jumansyah.

 

Kemudian diterangkan oleh Analis Kebijakan Ahli Muda Bidang Pemberdayaan Pemuda Dispora Kaltim, Hasbar Mara mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan di 10 kabupaten/kota yaitu termasuk Kabupaten Kutai Barat. Yang mana 7 kabupaten/kota telah selesai dilaksanakan dan masih tersisa 3 kabupaten/kota.

 

“Hari ini adalah sosialisasi pemberdayaan karang taruna yang dilaksanakan Dispora Provinsi Kaltim. Dimana kegiatan ini juga merupakan kegiatan perdana untuk Kabupaten Kutai Barat. Pemberdayaan karang taruna ini merupakan kegiatan Dispora yang dilaksanakan atas inisiatif kadispora. Karena kebetulan Kadispora kita itu mantan Kepala Dinas Sosial, mereka tahu persis bahwa karang taruna yang berada di Kalimantan Timur ini ibaratnya mati segan hidup pun enggan,” ucapnya.

Baca Juga :  AMSINDO Kaltim Kunjungi Kantor Bahasa Provinsi Kaltim, Bahas Kegiatan Duta Bahasa

 

Ditegaskannya bahwa sosialisasi ini adalah bagaimana agar dapat mengubah kembali Pemerintahan Kabupaten/Kota agar seluruh Karang Taruna bisa dihidupkan kembali sesuai edaran bahwa karang taruna di kabupaten/kota harus dihidupkan kembali.

 

“Sehingga kami untuk Dinas Pemuda dan Olahraga mengambil peran agar karang taruna ini bisa timbul kembali dan berperan dalam peningkatan indek pembangunan pemuda. Dan kami berpesan kepada Pemerintah Kabupaten Kutai Barat agar segera merealisasikan himbauan sekda untuk menghidupkan kembali seluruh karang taruna di wilayahnya termasuk mengalokasikan anggaran untuk pemberdayaan karang taruna baik tingkat kabupaten, kecamatan hingga kelurahan,” katanya.

Pemkab Kubar gelar sosialisasi pemberdayaan karang taruna pemuda yang berkolaborasi dengan Dinas Sosial (Dinsos) dan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kubar, diikuti 36 peserta yang terdiri dari Camat, Ketua serta perwakilan Karang Taruna se-Kecamatan di Kutai Barat ini dilaksanakan di Hotel Loveta, Jumat (17/11/2023). Foto: BorneoFlash.com/Tommy.
Pemkab Kubar gelar sosialisasi pemberdayaan karang taruna pemuda yang berkolaborasi dengan Dinas Sosial (Dinsos) dan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kubar, diikuti 36 peserta yang terdiri dari Camat, Ketua serta perwakilan Karang Taruna se-Kecamatan di Kutai Barat ini dilaksanakan di Hotel Loveta, Jumat (17/11/2023). Foto: BorneoFlash.com/Tommy.

Sementara itu ditanggapi oleh Ketua Karang Taruna Kabupaten Kutai Barat, Arminsyah Sumardi Teso menganggap bahwa kegiatan yang dilaksanakan sangat bagus dan sangat mengapresiasi. Dimana ia katakan bahwa ini adalah langkah awal agar bisa berkolaborasi dan berkomunikasi yang baik dengan pihak Provinsi. 

 

“Karena Karang taruna ini adalah wadahnya pemuda untuk berkreasi untuk menata hari esok lebih baik. Pesan saya untuk seluruh Karang Taruna di semua tingkatan. Karena kita ini dari, oleh dan untuk, maka marilah kita tempatkan wadah ini sebaik mungkin untuk kesejahteraan kita bersama dan dapat berdampak serta bermanfaat bagi masyarakat,” ucapnya. (Adv)

Simak berita dan artikel BorneoFlash lainnya di  Google News

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.