Edyanto Arkan Lakukan Ramp Check Kapal Motor di Pelabuhan Melak

by -
Writer: Lilis
Editor: Ardiansyah
Wakil Bupati Kubar, H. Edyanto Arkan Didampingi Asisten II dan Staf Dinas Perhubungan Melakukan Ramp Check Kapal Penumpang di Dermaga Kecamatan Melak. Foto: Lilis/BorneoFlash.com
Wakil Bupati Kubar, H. Edyanto Arkan Didampingi Asisten II dan Staf Dinas Perhubungan Melakukan Ramp Check Kapal Penumpang di Dermaga Kecamatan Melak. Foto: Lilis/BorneoFlash.com

BorneoFlash.com, SENDAWAR – Wakil Bupati Kutai Barat, H. Edyanto Arkan beserta Asisten II dan staf Dinas Perhubungan melakukan Ramp Check kapal penumpang angkutan mudik di pelabuhan Kecamatan Melak.

Pemeriksaan dilakukan untuk menjamin keselamatan pelayaran dan mencegah kecelakaan saat momen mudik Idulfitri 1444 H.

Hasil ramp check menunjukkan bahwa kapal angkutan mudik di pelabuhan Melak telah siap dengan baik sebesar 75-80 persen.

“Setiap pelayaran ada resiko-resiko, berdasarkan pengalaman yang lalu bisa terjadi penumpang jatuh, untuk itu para awak kapal harus ada yang berjaga di belakang untuk memantau penumpang,” kata Wabup.

Wakil Bupati juga menghimbau kepada pemilik kapal untuk memperhatikan faktor keselamatan selama pelayaran. Para awak kapal harus memantau penumpang dan ada yang berjaga di belakang untuk mencegah penumpang jatuh.

Jika terjadi lonjakan penumpang, penumpang diharapkan dapat ikut kapal yang kedua dan Dinas Perhubungan akan memastikan kapasitas kapal penumpang yang kedua mencukupi. 

Namun, jika jumlah penumpang yang kelebihan mencapai ratusan orang, petugas dermaga dapat menghubungi kapal tambahan yang telah siap di dermaga.

Wakil Bupati juga menghimbau kepada seluruh penumpang untuk lebih berhati-hati selama perjalanan, terutama ketika menggunakan WC. Jika terjadi sesuatu, penumpang diharapkan segera melaporkan ke nahkoda kapal.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati menekankan pentingnya kebiasaan ketersediaan jaket pelampung dan faktor keselamatan lainnya selama pelayaran.

Simak berita dan artikel BorneoFlash lainnya di  Google News

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.