Menghadapi Festival 3 Danau, Dispar Kubar Menguatkan SDM dengan Pelatihan Penyajian Kuliner

by -
Writer: Lilis Sari
Editor: Ardiansyah
Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kubar, Yuyun Diah S, bersama narasumber dan peserta, mengikuti pelatihan penyajian kuliner di Kampung Tanjung Isuy. BorneoFlash.com/Lilis Sari
Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kubar, Yuyun Diah S, bersama narasumber dan peserta, mengikuti pelatihan penyajian kuliner di Kampung Tanjung Isuy. BorneoFlash.com/Lilis Sari

BorneoFlash.com, SENDAWAR – Pemerintah Kabupaten Kutai Barat bersama Dinas Pariwisata (Dispar) Kubar melakukan perbaikan infrastruktur, pelatihan keterampilan, dan mengubah pola pikir masyarakat guna lebih terbuka terhadap pariwisata.

“Langkah ini dilakukan untuk meningkatkan daya saing objek wisata Kubar, termasuk Danau Jempang, serta mendorong pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat setempat,” kata Kepala Dispar Kubar, Yuyun Diah S, di kantor Dispar. (22/05/2023) lalu.

Terlebih pada tahun ini, Kubar dipercaya oleh Dispar Kaltim sebagai tuan rumah Festival 3 Danau yang akan diadakan di Danau Jempang, Kecamatan Jempang, pada akhir Oktober 2023.

Sebelumnya, Festival 3 Danau telah sukses diselenggarakan di Danau Semayang dan Melintang, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) pada tahun 2021 dan 2022.

Dalam rangka mempersiapkan pelaksanaan festival tersebut, Dispar melakukan berbagai peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) melalui pelatihan-pelatihan, termasuk pelatihan penyajian kuliner, homestay, dan fasilitasi desa wisata.

“Harapannya, pelatihan ini akan berlanjut, meskipun setelah Festival 3 Danau. Untuk mensukseskan kegiatan ini, rencananya akan ada bantuan dari Pemprov Kaltim berupa pembangunan infrastruktur dan sarana,” ujar Yuyun.

Sebagai tuan rumah, kita harus siap dan bangga. Festival ini menjadi event nasional dan Kubar menjadi pusat perhatian. Oleh karena itu, kita harus mampu menjaga dan mempromosikan potensi pariwisata, seni, dan budaya yang ada,” tambahnya.

Simak berita dan artikel BorneoFlash lainnya di  Google News

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.