UPTD Pelabuhan Tana Paser Bakal Perluas Jalan Menuju Dermaga 

oleh -
Aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Tanah Paser, Kecamatan Tanah Grogot, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur. Foto: BorneoFlash.com/Sarrassani.
Aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Tanah Paser, Kecamatan Tanah Grogot, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur. Foto: BorneoFlash.com/Sarrassani.

BorneoFlash.com, TANA PASER – Guna mempermudah aktivitas bongkar muat, Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pelabuhan Tanah Paser bakal lakukan perluasan jalan. 

Perluasan bakal dilakukan dengan penimbunan jalan menuju dermaga, di wilayah Kecamatan Tanah Grogot, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, Selasa (29/3/2022). 

Kepala UPTD Pelabuhan Tana Paser Kabupaten Paser, Yusman menjelaskan perluasan dimaksud ialah penambahan jalan dermaga sepanjang 4 meter pada sisi jalan keluar masuknya kendaraan. 

“Perlu di cor sekitar 4 meter di siku jalan pintu masuk dan keluar kendaraan, ini dibuat agar kendaraan roda 10 bisa masuk, tidak sulit saat belok,” terangnya. 

Menurut Yusman, hal itu dilakukan guna memudahkan kendaraan roda 10 memasuki dermaga untuk proses bongkar muat. 

“Karena kendala mereka saat mobil panjang yang ada cranenya berbelok, pasti ban belakangnya luput,” tambahnya. 

Yusman mengaku, untuk pendanaan perluasan jalan dermaga tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Kaltim. 

Dengan perluasan jalan itu, kata Yusman diharapkan dapat menambah pemasukan retribusi atau Pendapatan Asli Daerah (PAD). 

“Setelah diperluas, kami berharap akan banyak pengusaha angkutan sungai bersandar di dermaga,” harapnya. 

Pengusaha angkutan sungai yang dimaksud, yaitu mulai dari dari Samarinda, Balikpapan, maupun dari pulau Jawa yang mengangkut material bangunan. 

(BorneoFlash.com/SAN)

Simak berita dan artikel BorneoFlash lainnya di  Google News

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.