Kebijakan Presiden Bolehkan Lepas Masker, Wali Kota Balikpapan Ingatkan Cek Diri Sendiri   

oleh -
Wali Kota Balikpapan H Rahmad Mas'ud. Foto: BorneoFlash.com/Niken.
Wali Kota Balikpapan H Rahmad Mas'ud. Foto: BorneoFlash.com/Niken.

BorneoFlash.com, BALIKPAPAN – Kebijakan Presiden RI Joko Widodo yang memperbolehkan masyarakat, yang sedang beraktivitas di luar ruangan atau di area terbuka yang tidak padat orang untuk tidak menggunakan masker yang dikeluarkan, Selasa (17/5/2022).

Menanggapi hal ini, Wali Kota Balikpapan H Rahmad Mas’ud mengatakan mengikuti sesuai  instruksi Presiden RI. Meskipun, ada pelonggaran tetap menjalankan Protokol Kesehatan, karena hal itu  baik untuk kesehatan diri sendiri.

“Kita ingatkan cek diri kita sendiri, kalau merasa kita kurang sehat ada batuk atau pilek lebih baik kita menggunakan masker, supaya tidak menularkan orang lain,” ujarnya kepada awak media seusai pencanangan BIAN di Balikpapan Sport Convention Center (BSCC/DOME), Rabu (18/5/2022).

Sementara itu, Kepala Bidang Keamanan dan Penegakan Hukum Satgas Covid-19 Kota Balikpapan Zulkifli, menyampaikan Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan melalui Satpol PP Balikpapan memberhentikan sementara pelaksanaan razia masker yang biasa digelar di sejumlah titik ruas jalan di Kota Balikpapan.

“Kita hentikan dulu sampai ada pengaturan lebih lanjut dari Satgas, sambil kita menyesuaikan instruksi dalam negeri tentang pelaksanaan PPKM di daerah, karena PPKM level 1 yang diberlakukan di Kota Balikpapan  masih berlaku hingga tanggal 23 Mei 2022,” ujarnya.

Penghentian sementara pelaksanaan razia masker ini dilakukan untuk menghilangkan kesalahpahaman di masyarakat dengan adanya arahan dari Presiden, untuk tidak lagi menggunakan masker di ruang terbuka.

“Sebenarnya masker ini masih diperlukan, karena sifatnya masih berdasarkan imbauan,” ucapnya.

Sesuai arahan Presiden, meskipun  kelonggaran penggunaan masker diberlakukan  tetapi bagi masyarakat yang belum vaksin termasuk yang memiliki penyakit komorbid tetap diimbau,  untuk tetap menggunakan masker. 

Sehingga masyarakat tidak semena-mena di sembarang tempat tidak menggunakan masker, seperti di pasar, tempat wisata.

Baca Juga :  Wujudkan SDM Berdaya Saing, DKUMKMP Kota Balikpapan Gelar Pelatihan Manajemen Usaha Tahun 2023

“Jadi tetap dipilah-pilah. Kita imbau untuk tetap menggunakan masker sementara, sampai situasi dinyatakan benar-benar aman,” ungkapnya.

(BorneoFlash.com/Niken)

Simak berita dan artikel BorneoFlash lainnya di  Google News

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.