Kebakaran Tunjungan Plaza 5, Api Berasal dari Playground Lantai 4

oleh -
Kebakaran Mal Tunjungan Plaza. FOTO: HO/Antara/Didik Suhartono.
Kebakaran Mal Tunjungan Plaza. FOTO: HO/Antara/Didik Suhartono.

BorneoFlash.com, SURABAYA – Sumber titik api kebakaran di Mal Tunjungan Plaza (TP) 5 Surabaya ditemukan. Seluruh api yang berkobar di mal terbesar Surabaya itu pun telah berhasil dipadamkan.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kebakaran Surabaya, Dedik Irianto. Ia menyebut sumber api berasal dari tenant permainan anak-anak di lantai 4 TP 5.

“Sudah ketemu akhirnya, di permainan anak-anak di playground di lantai 4 di TP 5,” kata Dedik, ditemui di lokasi, Kamis (14/4/2022).

Dedik menyebut, api disebut muncul dari korsleting listrik. Ditambah lagi yang terbakar adalah mainan anak-anak yang terbuat dari plastik.

“Karena di tempat mainan anak-anak enggak ada kompor, ya korslet pastinya. Material permainan anak-anak itu dari plastik dan mudah terbakar,” ucapnya.

Ia menuturkan bahwa petugas sempat mengalami kesulitan untuk menemukan sumber api. Sebab asap yang hitam pekat sehingga membatasi pandangan.

Apalagi, tenant lokasi permainan anak-anak itu juga sempat terhalang oleh rolling door yang tertutup.

“Asapnya hitam pekat. Sehingga sulit teman-teman itu masuk, jarak pandangnya satu meter dua meter itu enggak bisa,” kata dia.

Dedik juga menjelaskan mengapa api sampai menyebar hingga ke lantai atas gedung tepatnya di bagian reklame. Diduga si jago merah menjalar lewat pipa shaft dan ducting.

“Ada namanya penghubung antar shaft, itu untuk kabel-kabel, pipa air, itu lost (sampai ke atas),” ucapnya.

Hingga pukul, 01.30 dini hari, kata Dedik, seluruh api di dalam gedung TP 5 telah dipastikan padam. Petugas hanya tinggal melakukan pembasahan sembari mengecek ulang.

“Tidak ada (sisa api), sudah dipastikan enggak ada, Alhamdulillah kita syukuri,” ucapnya.

(BorneoFlash.com/*)

Simak berita dan artikel BorneoFlash lainnya di  Google News

banner 700x135