Pengeboran Sumur PHM di Delta Mahakam dengan Inovasi Teknologi Master Drilling Cetak Rekor Baru

oleh -
Editor: Ardiansyah
Pengeboran sumur H-SA-510 Rig Yani di Handil dengan catatan rata-rata ROP sebesar 116 meter/jam pada 21 Agustus 2024. Foto: HO/PHM
Pengeboran sumur H-SA-510 Rig Yani di Handil dengan catatan rata-rata ROP sebesar 116 meter/jam pada 21 Agustus 2024. Foto: HO/PHM

BorneoFlash.com, BALIKPAPANPT Pertamina Hulu Mahakam (PHM) berhasil mencatatkan rekor baru dalam laju penetrasi pengeboran tercepat dan terpanjang pada pengeboran sumur migas di lapangan Delta Mahakam. 

 

Prestasi ini tercapai di tengah tantangan pengeboran yang semakin kompleks melalui penerapan inovasi dan teknologi optimasi dengan metode pengeboran MaxiDrill yang merupakan teknologi master drilling PHM.

 

Keberhasilan PHM dalam laju penetrasi pengeboran (Rate of Penetration/ROP) yang tercepat, tercapai pada pengeboran sumur H-SA-510 dengan catatan rata-rata ROP sebesar 116 meter/jam. 

 

Angka ini merupakan catatan ROP tertinggi untuk 12-1/4″ surface section di lapangan Handil sepanjang sejarah lapangan Mahakam. Rekor pengeboran ini dipecahkan oleh rig Yani pada tanggal 21 Agustus 2024.

 

Selain itu PHM juga mencatatkan pencapaian ROP yang sangat baik pada sumur H-YA-355 dengan catatan rata-rata sebesar 111 meter/jam. Angka ini merupakan catatan On bottom Rate of Penetration (OB ROP) tertinggi untuk 8-1/2″ reservoir section di lapangan Handil sepanjang sejarah lapangan Mahakam. Rekor ini dipecahkan oleh rig Yani pada tanggal 2 Juni 2024.

 

PHM juga mencetak rekor pengeboran sumur terpanjang pada pengeboran sumur sidetrack TM-66.G1. Sumur ini berhasil dibor dengan panjang trajektori mencapai 3.300 meter dan merupakan lintasan pengeboran terpanjang di Tambora sepanjang sejarah lapangan Mahakam. Rekor ini dipecahkan oleh rig Yani pada tanggal 17 Juni 2024.

Simak berita dan artikel BorneoFlash lainnya di  Google News

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.