Dewan Dukung Pengembangan Wisata Pantai Damba Enggang Borneo, Potensi Tingkatkan PAD  Balikpapan 

oleh -
Penulis: Niken Sulastri
Editor: Ardiansyah
Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Balikpapan, Laisa Hamisah. Foto: BorneoFlash/Niken Sulastri
Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Balikpapan, Laisa Hamisah. Foto: BorneoFlash/Niken Sulastri

BorneoFlash.com, BALIKPAPAN – Adanya wacana pengembangan wisata bawah air Pantai Damba Enggang Borneo Balikpapan, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Balikpapan H. Laisa Hamisah turut mendukung.

 

Pasalnya, Pantai di Kota Balikpapan hanya terbatas yakni Pantai Lamaru dan Pantai Manggar, sehingga adanya Pantai Damba Engga Borneo sebagai wisata bawah air, tentunya sangat menarik untuk dikembangkan menjadi wisata di Kota Beriman.

 

Politisi PKS ini berharap ada rencana dari pemerintah untuk mendukung mengembangkan wisata ini seperti halnya menyiapkan tempat parkir, tempat pendopo, termasuk tempat yang representatif.

 

Nantinya wisata ini dapat menghasilkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Balikpapan, apabila wisata ini dikelola dengan baik sebagai lokasi tempat berenang atau tempat diving karang bawah laut. “Pengembangan wisata bawah air ini harus di pertimbangkan atau di rencanakan dengan profesional,” ucapnya.

 

Mengingat lokasi kawasan tersebut merupakan lokasi rawan kemacetan kendaraan. Terlebih lagi saat memasuki hari libur, banyak kendaraan yang menuju ke Mal Balikpapan Superblock melintasi area depan lokasi pantai.

 

“Kalau daerah itu dijadikan obyek wisata harus diperhatikan kekurangan lokasi itu, seperti halnya  tempatnya sempit kemudian lokasinya di kota,” ungkapnya.

 

Tentunya menjadi rawan kemacetan serta rawan yang lainnya, karena daerah pantai tersebut sudah banyak rumah penduduk, yang mana sebelumnya pernah dilarang membangun, tetapi masih tetap ada yang membangun. “Ini harus diperhatikan juga,” katanya.

 

Ketua Tim Pengembang Wisata, Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (DPOP) Balikpapan, Frisda saat peresmian program konservasi terumbu karang dan rumah ikan dari media isolator di Pantai Damba Enggang Borneo, Balikpapan pada Rabu (12/6/2024), Menyampaikan bahwa pantai di Balikpapan yang sering dijual itu pantai Manggar dan Lamaru, yang memiliki topografi landai dan tidak ada ombak, sehingga hanya menikmati pesisir. 

Baca Juga :  Tanah Longsor di Tarakan, Dua Rumah Bakal Jadi Sasaran Karya Bakti Korem 092 Maharajalila

 

“Ini bisa dipromosikan bahwa pantai ini siap untuk menjadi tempat wisata minat khusus seperti ingin mempelajari ikan, diving, dan snorkeling. Kedepan bisa dilakukan di Pantai Damba Enggang Borneo,” imbuhnya.

 

DPOP siap membantu untuk meningkatkan potensi yang ada di Pantai Damba Enggang Borneo. (Adv)

Simak berita dan artikel BorneoFlash lainnya di  Google News

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.