Pameran IQE di Balikpapan, Industri Material Bahan Bangunan Pamer Produk Ber- SNI

oleh -
Penulis: Niken Sulastri
Editor: Ardiansyah
Pameran Indonesia Quality Expo (IQE) pada tanggal 9 – 12 November 2023 di Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC)/DOME, Balikpapan, Kalimantan Timur. Foto: BorneoFlash.com/Niken Sulastri.
Pameran Indonesia Quality Expo (IQE) pada tanggal 9 – 12 November 2023 di Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC)/DOME, Balikpapan, Kalimantan Timur. Foto: BorneoFlash.com/Niken Sulastri.

Peserta IQE lainnya dari Kabupaten Muara Enim; BPKAD Provinsi Jawa Timur; KABUPATEN MUARA ENIM – Dinas Perkebunan; Dinas Perindagkop Provinsi Kalimantan Timur; Bank Indonesia; UPT Pasar Merdeka Samarinda; PT Sinar Nusantara Industries; Direktorat Standardisasi dan Pengendalian Mutu Kementerian Perdagangan RI; Balai Besar Pengujian Penerapan Produk Kelautan dan Perikanan (BBP3KP) Kementerian Kelautan dan Perikanan RI; Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Kutai Timur; Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Kutai Timur; PT.Harapan Widyatama Pertiwi (Unilon Pipe); PT.Union Metal; serta PT IAPMO Group Indonesia.

 

Selain peserta pameran IQE, kegiatan lomba-lomba edukasi SNI juga didukung oleh perusahaan yaitu PT. Pupuk Kaltim, PT PLN Pusat Sertifikasi (Pusertif), PT Pertamina Lubricants, PT Mayora Indah, Tbk, PT Sinar Sosro, PT Kencana Gemilang (Miyako), PT. Wilmar Nabati; serta Wings Group. 

 

Secara terpisah, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan ,Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Timur, Heni Purwaningsih di Samarinda mengatakan penerapan SNI menjadi satu hal yang penting untuk terus didorong di saat tuntutan atas keamanan dan keselamatan konsumen, semakin meningkat.

 

“Selain itu juga tantangan kita saat ini dengan berbagai isu nasional dan internasional seperti masalah persaingan dagang yang tidak adil, kecelakaan, bencana, kerusakan lingkungan hingga adanya persyaratan teknis internasional yang harus dipenuhi untuk kita bisa ekspor ke negara lain,”tutur Heni. Tantangan tersebut, lanjutnya, perlu diantisipasi salah satunya bagaimana menghasilkan produk yang aman dan berkualitas yaitu yang ber-Standar Nasional Indonesia (SNI). 

 

Saat ini, pihaknya terus menyusun dan mengimplementasikan kebijakan strategis Dinas   diantaranya mendorong akreditasi untuk Lembaga Penilaian Kesesuaian (LPK) di wilayah Kaltim, terutama yang berada di bawah naungan Dinas (seperti BPSMB Samarinda) untuk terakreditasi. 

Baca Juga :  Wabup Kubar: Soal Kenaikan UMP, Ada Kenaikan Juga Tapi Kita Berlakukan Sama 

 

Sosialisasi pentingnya SNI ke pelaku usaha dan UKM, membangun kerjasama dengan pemerintah pusat untuk program pembinaan UKM meraih SNI, serta bekerjasama dengan Dinas terkait untuk meningkatkan pengawasan barang beredar di wilayah Kaltim.

 

“Hingga saat ini, komitmen Pemerintah Provinsi Kaltim untuk penerapan SNI sudah kami tunjukkan diantaranya dengan telah disertifikasinya beberapa produk, serta pasar rakyat seperti Pasar Merdeka, Taman Rawa Indah, dan satu pasar yang masih dalam proses SNI,”jelasnya.

Pameran Indonesia Quality Expo (IQE) pada tanggal 9 – 12 November 2023 di Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC)/DOME, Balikpapan, Kalimantan Timur. Foto: BorneoFlash.com/Ist.
Pameran Indonesia Quality Expo (IQE) pada tanggal 9 – 12 November 2023 di Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC)/DOME, Balikpapan, Kalimantan Timur. Foto: BorneoFlash.com/Niken Sulastri.

Selain itu, kata dia, pihaknya melalui BPSMB juga terus menambah ruang lingkup sertifikasi yang diakreditasi Komite Akreditasi Nasional/KAN. Juga bekerjasama dengan Kementerian Perindustrian untuk meningkatkan Tingkat Kandungan Lokal/TKDN pelaku usaha.

 

“Yang dalam waktu dekat ini, komitmen Kaltim juga kami tunjukkan melalui kepesertaan di Indonesia Quality Expo (IQE) yang akan diselenggarakan pada tanggal 9 hingga 12 November 2023 di Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC)/DOME, Balikpapan, Kalimantan Timur. Dalam IQE akan kami tampilkan produk unggulan Kaltim yang sudah ataupun sedang proses meraih SNI,” ungkap Heni.

Simak berita dan artikel BorneoFlash lainnya di  Google News

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.