Kapolres Kubar Kukuhkan Pokdar dan Kamtibmas Bhayangkara Resor Kutai Barat dan Mahakam Ulu

oleh -
Kapolres Kubar AKBP Irwan Yuli Prasetyo, Kukuhkan Pokdar dan Kamtibmas Bhayangkara Resor Kutai Barat dan Mahulu di Hotel Sidodadi, kamis (27/5/2021). Foto : HO/Kominfo Kutai Barat.
Kapolres Kubar AKBP Irwan Yuli Prasetyo, Kukuhkan Pokdar dan Kamtibmas Bhayangkara Resor Kutai Barat dan Mahulu di Hotel Sidodadi, kamis (27/5/2021). Foto : HO/Kominfo Kutai Barat.

BorneoFlash.com, SENDAWAR – Kelompok Sadar(Pokdar) Keamanan dan Ketertiban Masyarakat(Kamtibmas) Bhayangkara Resor Kutai Barat dan Resor Mahakam Ulu(Mahulu) resmi dikukuhkan oleh Kepala Kepolisian Resor(Polres) Kutai Barat yang pada pelaksanaan tersebut digelar di Hotel Sidodadi, kamis (27/5/2021).

Dalam pelaksanaan pelantikan ini mengangkat tema ‘Satu kata, satu sikap, satu tujuan, satu visi untuk Kutai Barat kondusif dan produktif’. 

Pengukuhan ditandai dengan pembacaan kata-kata pelantikan, penyerahan Pataka dan pemasangan Pin Pokdar Kamtibmas serta dilaksanakan pembekalan kepada pengurus yang baru dilantik.

Ketua Daerah Provinsi Kalimantan Timur(Kaltim) Pokdar Kamtibmas Bhayangkara Abraham Ingan, menjelaskan  terkait Pokdar Kamtibmas bahwa Pokdar ini merupakan Sekelompok Masyarakat bukanlah Organisasi Masyarakat(Ormas) melainkan lembaga yang dibentuk melalui Undang Undang Kepolisian Negara Republik Indonesia(RI) Nomor 2 Tahun 2002.

“Pokdar ini sudah lama terbentuk sejak 2019 di Jakarta dikukuhkan oleh Kapolri. Sejak jaman reformasi sudah ada yaitu disebut swakarsa sekarang dimodernisasi hingga bukan hanya di Provinsi tetapi juga ke tingkat Kabupaten dan Kecamatan. Dan untuk Kalimantan Timur sendiri sudah 5 Kabupaten/kota yang telah dilantik termasuk Kabupaten Kutai Barat dan Mahulu,” bebernya.

Lalu disampaikan oleh Kapolres Kutai Barat AKBP Irwan Yuli Prasetyo bahwa Pokdar Kamtibmas Bhayangkara merupakan mitra kepolisian untuk membantu tugas kepolisian memelihara keamanan dan ketertiban dengan pendekatan preemtif, preventif, dan solutif. 

Artinya, anggota Pokdarkamtibmas dapat melakukan tindak penyuluhan dan pencegahan gangguan kamtibmas, apabila terjadi gangguan  pokdar kamtibmas membantu mengamankan, menyelesaikan (problem solving) dengan pendekatan non represif.

“Mari bersama membangun komitmen  dan peran aktif menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Kabupaten Kutai Barat dan Mahulu,” ucapnya.

Bupati Kutai Barat melalui Sekretaris Daerah Ayonius menuturkan berharap dengan adanya Pokdar Kamtibmas dapat membantu Pemerintah dalam menegakkan pembangunan yang ada di Kutai Barat dengan moto Hari esok lebih baik dari pada hari ini.

Baca Juga :  Dukung Pengembangan Ekonomi, Pemkot Tingkatan Kualitas SDM dan Pemerataan Akses Layanan Dasar Berkualitas 

“Pemerintah Kabupaten Kutai Barat mengucapkan selamat bagi pengurus yang baru dikukuhkan. Selamat bekerja dan sinergikan program kedepan agar di Kabupaten Kutai Barat tetap aman, damai dan bersama membangun Kutai Barat untuk kesejahteraan masyarakat kita,” ungkapnya.

Dan berharap organisasi ini dapat bekerjasama dengan baik dan benar-benar membantu khususnya pemerintah dalam rangka keamanan-keamanan. Dan berpesan kepada seluruh masyarakat agar dapat menjaga kedamaian serta keharmonisan di kalangan lingkungan masyarakat masing-masing.

Perlu diketahui Pengurus Pokdar Kamtibmas Bhayangkara Resmi dilantik yakni untuk Kabupaten  Kutai Barat total 55 pengurus dan Kabupaten Mahulu sebanyak 64 pengurus total yakni 119 pengurus yang telah resmi dilantik/dikukuhkan dengan masa bakti 2021-2024.

Hadir dalam acara tersebut jajaran Kodim 0912/KBR, KNPI, Danramil Barong Tongkok, DPRD. Bank Kaltimtara. Mantan Wakil Bupati H. Didik Effendi serta para tokoh agama.

(BorneoFlash.com/Lilis)

Simak berita dan artikel BorneoFlash lainnya di  Google News

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.