Nikita Mirzani Vs Habib Rizieq Shihab, Begini Cara Kerja Tes DNA

by -
Nikita Mirzani menantang Habib Rizieq untuk tes DNA. (Foto: Palevi S/detikFoto).

BorneoFlash.com, JAKARTA – Belakangan ini, perseteruan Nikita Mirzani Vs Habib Rizieq Shihab ramai diperbincangkan. Bahkan Nikita pun menantang Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) tersebut untuk melakukan tes DNA, guna membuktikannya memang merupakan cucu dari Rasulullah.

“Coba biar nggak ada fitnah, tes DNA biar kita lihat kalau benar dia keturunan Rasulullah?” tulis Nikita di Instagram Stories.

Tes Deoxyribonucleic acid atau DNA ini seringkali digunakan untuk mengidentifikasi sesuatu, salah satunya terkait dengan hubungan kekerabatan seseorang. Selain itu, tes ini juga sering digunakan untuk mengidentifikasi korban kecelakaan yang sulit dikenali dari ciri fisik.

Terkait tes DNA tersebut, ada beberapa hal yang perlu diketahui seperti yang telah dirangkum detikcom berikut ini.

Sampel yang diperlukan dalam tes DNA

Untuk melakukan tes DNA, sampel diperlukan untuk diteliti lebih dalam. Sampel yang dibutuhkan ini bisa diambil dari hampir semua bagian tubuh.

“Sampelnya sebenarnya bisa dari bagian tubuh mana saja,” kata dr Herawati Sudoyo, Ph.D, dokter, peneliti, dan penganalisa DNA forensik dari Lembaga Biologi Molekul Eijkman.

Berikut beberapa bagian tubuh yang biasa dijadikan sampel tes DNA, yaitu:

  • Tulang dan gigi
  • Air liur
  • Akar rambut
  • Sperma
  • Sel kulit mati
  • Jaringan lunak

Prosedur tes DNA

Ada berbagai prosedur yang harus dilakukan untuk mengidentifikasi DNA. Pastinya seluruh prosedur tersebut harus mengikuti prosedur operasional standar dari panduan Scientific Working Group of DNA Analysis Method, dan rekomendasi dari komisi DNA International Society of Forensic Genetics. Prosedurnya sebagai berikut:

  • Pengambilan sampel DNA, yang bisa didapatkan dari tulang, air liur, sampai akar rambut.
  • DNA yang berada di dalam inti sel diekstraksi, yang berfungsi untuk memecah inti sel tersebut.
  • Pemisahan DNA, metode ini menggunakan medan listrik untuk mengurutkan molekul dalam sampel.
  • Proses amplifikasi, yaitu proses menghasilkan banyak salinan DNA, yang kemudian akan diuji untuk penanda genetik.
  • Proses analisis dan interpretasi, pada tahap ini DNA akan dianalisis untuk menemukan penanda genetik untuk mengidentifikasi hubungan.
  • Proses terakhir yaitu hasil dari tes DNA. Perlu waktu sampai berminggu-minggu hingga berbulan-bulan untuk menerima hasilnya. Tetapi, jika dalam keadaan darurat hasil tes DNA bisa didapatkan dalam waktu satu hari.
Baca Juga :  Karyawan XL Axiata Gelar Aksi Sosial, Bedah Rumah Hingga Bangun Jembatan dan Fasilitas Air Bersih  

Jenis-jenis tes DNA :

Tes DNA ini memiliki tiga jenis yang paling umum, yaitu pengujian Y-DNA, pengujian DNA mitokondria (mtDNA), dan pengujian DNA autosom.

1. Y-DNA (pengujian kromosom Y)

Pengujian kromosom Y ini dilakukan untuk mengeksplorasi keturunan langsung dari garis keturunan laki-laki. Tes ini hanya bisa dilakukan pada laki-laki yang secara eksklusif diturunkan dari ayah, karena perempuan tidak memiliki kromosom Y.

2. mtDNA (pengujian DNA mitokondria)

Jenis ini digunakan untuk mengidentifikasi variasi genetik dalam DNA mitokondria. Pria maupun wanita memiliki DNA ini, yang langsung diturunkan dari ibu, sehingga tes ini bisa digunakan pada keduanya.

Tes DNA ini bisa memberikan informasi terkait garis leluhur perempuan langsung. Selain itu, pengujian jenis ini bisa memberitahu nenek moyang perempuan yang mungkin saja hilang dari catatan sejarah keluarga.

3. DNA polimorfisme nukleotida tunggal

Tes ini dilakukan dalam prosedur genetic ancestry atau tes keturunan genetik dan silsilah genetik. Dengan cara ini, bisa untuk mengetahui sejarah keluarga (genealogi), tentang nenek moyang seseorang dan hubungan antar keluarga.

Tes DNA ini mengevaluasi sejumlah (polimorfisme nukleotida tunggal atau SNP) di seluruh genom seseorang. Informasi dalam kromosom ini bisa membantu menemukan kerabat jauh dan baru, serta menemukan tempat tinggal nenek moyang 500-1.000 tahun yang lalu atau lebih.

Sumber : Detik.com

Simak berita dan artikel BorneoFlash lainnya di  Google News

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.