5 Sunnah Sahur Sesuai Anjuran Rasulullah dan Keutamaannya

oleh -
Penulis: Redaksi
Editor: Ardiansyah
Sahur memiliki keutamaan yang tinggi karena Allah SWT telah memberkati makanan yang disantap pada waktu tersebut.
Sahur memiliki keutamaan yang tinggi karena Allah SWT telah memberkati makanan yang disantap pada waktu tersebut.

BorneoFlash.com – Sahur memiliki segudang manfaat dan juga keberkahan. Selain menjadi waktu yang dianjurkan untuk berdoa, keberkahan juga berlaku dalam hal-hal duniawi seperti menjaga kesehatan dan kekuatan tubuh sehingga memudahkan puasa.

Sahur bukan sekedar makan dan minum menjelang puasa, tapi juga merupakan amalan sunnah yang dianjurkan Rasulullah SAW. Dalam banyak hadits, Rasulullah SAW telah mencontohkan amalan ketika sahur.

Amalan-Amalan Sunnah Ketika Sahur

  1. Makan dan Minum

Makan dan minum merupakan salah satu kegiatan utama saat sahur yang ternyata dapat menjadi amal yang berkah. Makan sahur dapat menambah kekuatan ketika puasa. Sahur ini lah yang menjadi pembeda puasa orang Islam dengan Yahudi dan Nasrani.

Orang yang sahur juga niscaya dishalawati oleh para malaikat. Berdasarkan hadits dari Abu Sa’id Al Khudri RA menyebutkan bahwa Rasulullah SAW bersabda bahwa Allah SWT dan para malaikat bershalawat atas orang-orang yang sahur.

السُّحُورُ أَكْلَةٌ بَرَكَةٌ فَلَا تَدَعُوهُ وَلَوْ أَنْ يَجْرَعَ أَحَدُكُمْ جَرْعَةً مِنْ مَاءٍ فَإِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى الْمُتَسَحِّرِينَ

Artinya: “Bersahur itu adalah suatu keberkahan, maka janganlah kamu meninggalkannya, walaupun hanya dengan seteguk air, karena Allah dan para malaikat bershalawat atas orang-orang yang bersahur (makan sahur).” (HR Ahmad)

Simak berita dan artikel BorneoFlash lainnya di  Google News

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.