Pj Bupati PPU Dampingi Kunjungan Presiden Jokowi, Resmikan Sejumlah Proyek di IKN

oleh -
Editor: Ardiansyah
Pj Bupati PPU Makmur Marbun dampingi Presiden RI Joko Widodo resmikan sejumlah Pembangunan infrastruktur di IKN, Pada hari Selasa (5/6/2024). Foto: IST/DiskominfoPPU
Pj Bupati PPU Makmur Marbun dampingi Presiden RI Joko Widodo resmikan sejumlah Pembangunan infrastruktur di IKN, Pada hari Selasa (5/6/2024). Foto: IST/DiskominfoPPU

BorneoFlash.com, PENAJAM – Penjabat (Pj) Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Makmur Marbun kembali mendampingi Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) melaksanakan sejumlah kegiatan penting di Ibukota Nusantara (IKN) Sepaku.

 

Salah satunya adalah peresmian Persemaian Mentawir kecamatan Sepaku, kabupaten PPU, pada hari Selasa, (4/6/2024).

 

Dalam kesempatan ini Presiden Jokowi mengatakan bahwa dirinya memberikan apresiasi yang tinggi atas terlaksananya peresmian persemaian Mentawir tersebut.

 

” Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, pada pagi hari ini saya resmikan Persemaian Mentawir di Kabupaten Penajam Paser Utara di Kalimantan Timur,” kata Jokowi.

 

Jokowi mengaku bangga Persemaian Mentawir ini dapat diresmikan setelah dibangun selama hampir 1,5 tahun sejak tahun 2022. Ia menyebutkan, Persemaian Mentawir memiliki kapasitas mencapai 15 juta bibit per tahun.

 

Jokowi mengatakan, bibit-bibit tersebut akan digunakan untuk merehabilitasi hutan maupun mereklamasi lubang bekas tambang. Persemaian ini pun memiliki banyak bibit tumbuhan yang pohonnya sudah tidak ada.

 

“Dan pohon-pohon endemik, tanaman-tanaman endemik yang ada di Kalimantan semuanya ada di persemaian Mentawir ini baik meranti, kapur, tengkawang, ulin, dan bengkirai, dan juga ada bibit jambu-jambuan,” kata Jokowi.

 

“Nanti akan ditanam di beberapa titik untuk makanan satwa, makanan burung sehingga muncul kembali satwa-satwa yang dulunya sudah berkurang atau enggak ada menjadi ada,” imbuh dia.

 

Sementara itu Pj. Bupati PPU saat ditemui usai peresmian persemaian Mentawir ini mengatakan bahwa pemerintah kabupaten PPU sangat mendukung langkah positif dari pemerintah pusat khusus nya dalam pembangunan IKN di kabupaten PPU.

 

” Persemaian inikan salah satu langkah pemerintah untuk menghijaukan IKN. Karena IKN ini memang dirancang sebagai kota ramah lingkungan terbaik di dunia nantinya,” jelasnya.

Baca Juga :  Langgar Disiplin Kode Etik Profesi, Dua Anggota Personil Polres Kutai Barat Disanksi PTDH

 

Selain peninjauan dan peresmian sejumlah pembangunan di IKN, dalam kunjungan Presiden Jokowi kali ini juga melakukan groundbreaking sejumlah pembangunan strategis nasional di IKN.

 

Diantaranya, peresmian Bendungan Semoi Sepaku, groundbreaking Astra BIZ Center, groundbreaking sekolah Islam Al-Azhar dan groundbreaking pembangunan gedung Program Doktor Universitas Gunadarma di IKN.

 

Dalam kegiatan Presiden Jokowi kali ini juga didampingi langsung sejumlah menteri  dan pejabat tinggi negara. Tampak Pj. Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Akmal Malik dan sejumlah pejabat terkait lainnya. (Adv/*DiskominfoPPU)

Simak berita dan artikel BorneoFlash lainnya di  Google News

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.