Pj Bupati PPU Hadiri Upacara Hari Otonomi Daerah ke-28 di Surabaya, Jadikan Momen Pengabdian untuk Masyarakat

oleh -
Editor: Ardiansyah
Penjabat Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Makmur Marbun, menghadiri peringatan Hari Otonomi Daerah ke-28 di Lapangan Balai Kota Surabaya, Jawa Timur, Kamis (25/4/2024). Foto: IST/Diskominfo PPU
Penjabat Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Makmur Marbun, menghadiri peringatan Hari Otonomi Daerah ke-28 di Lapangan Balai Kota Surabaya, Jawa Timur, Kamis (25/4/2024). Foto: IST/Diskominfo PPU

BorneoFlash.com, SURABAYA – Penjabat (Pj) Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Makmur Marbun, turut menghadiri peringatan Hari Otonomi Daerah ke-28 di Lapangan Balai Kota Surabaya, Jawa Timur, Kamis (25/4/2024).

 

Peringatan Hari Otonomi Daerah tahun ini mengusung tema “Otonomi Daerah Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan yang Sehat”.

 

Kegiatan ini Dipimpin Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian yang bertugas sebagai Inspektur Upacara.

 

Makmur Marbun menjelaskan, Otonomi Daerah merupakan hak, wewenang, dan kewajiban daerah otonom untuk mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat dalam sistem Negara Kesatuan Republik Indonesia.

 

Hal ini sebagaimana diatur dalam UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Pelaksanaan otonomi daerah tentunya telah menunjukkan beberapa dampak positif.

 

“Misalnya, daerah memiliki ruang yang luas untuk mengembangkan dan membangun daerah dengan mengoptimalkan potensi yang ada. Bertumbuhnya demokrasi pada tingkat lokal lewat pelaksanaan pemilihan kepala daerah dan kepala desa secara langsung, hingga bertumbuhnya pusat-pusat ekonomi baru dan pengembangan lainnya,” katanya.

 

Ia mengatakan, peringatan Hari Otonomi Daerah tentu dapat menjadi momentum oleh segenap pemerintah, khususnya Pemerintah Kabupaten PPU.

 

“Juga masyarakat dan stakeholder lainnya untuk secara bersama-sama memupuk semangat kerja, motivasi, dedikasi dan pengabdian kepada masyarakat guna meningkatkan penyelenggaraan otonomi daerah yang berkualitas serta mewujudkan Clean and Good Governance,” ucapnya.

 

Di PPU sendiri, upacara peringatan Hari Otonomi Daerah juga digelar di di Lapangan Kantor Bupati PPU pada Kamis (25/4/2024) pagi yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Tohar yang membacakan sambutan dari Mendagri.

 

Upacara peringatan Hari Otonomi Daerah 2024 di PPU turut dihadiri perwakilan Forum Komunikasi Perangkat Daerah (Forkopimda), TNI/Polri, pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD), dan organisasi masyarakat (Ormas) di PPU. (Adv/*DiskominfoPPU)

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.