Rehabilitasi Pelabuhan Pondong, Kegiatan Bongkar Muat Dialihkan ke Pelabuhan Senaken Paser

oleh -
Editor: Ardiansyah
Pelabuhan Senaken Sebagai pemindahan aktivitas bongkar muat sementara kapal-kapal yang ada di Pelabuhan Pondong Kabupaten Paser. Foto: BorneoFlash.com/Ist.
Pelabuhan Senaken Sebagai pemindahan aktivitas bongkar muat sementara kapal-kapal yang ada di Pelabuhan Pondong Kabupaten Paser. Foto: BorneoFlash.com/Ist.

BorneoFlash.com, TANA PASER – Untuk pengalihan kegiatan jasa kepelabuhanan dan aktivitas bongkar muat, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Paser melakukan peninjauan ke Pelabuhan Senaken, Kecamatan Tanah Grogot, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur.

Peninjauan dilakukan sebagai tindak lanjut permohonan Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Pondong, dikarenakan pelabuhan yang terletak di Kecamatan Kuaro tersebut sedang direhabilitasi.

“Sementara perbaikan, pelabuhannya tutup total dan tidak ada aktivitas untuk kegiatan kepelabuhanan sehingga KUPP Pondong minta untuk pengalihan sementara ke Pelabuhan Senaken,” kata Kepala Dishub Paser Inayatullah, Rabu (30/8/2023). 

Peninjauan Dishub Paser ke Pelabuhan Senaken tersebut adalah demi memastikan kapasitas untuk kegiatan kapal-kapal yang ada di Pondong saat pengalihan. 

“Hasilnya, memang sangat memungkinkan dialihkan ke pelabuhan Senaken untuk aktifitas bongkar muat sementara,” kata Inayatullah. 

Hasilnya, Kapasitas Pelabuhan Senaken dapat menampung Kapal Layar Motor (KLM) GT 160, dengan  muatan kapal yang mencapai 500 ton. 

Selain itu, Kapal Tongkang GT 2000 dengan kapasitas 4.000 ribu ton juga dapat beraktivitas di Pelabuhan Senaken.

“Dengan kondisi bongkar muat yang biasa dilakukan di Pelabuhan Pondong, dengan komoditi pupuk, semen hingga CPO masih memungkinkan dilakukan di Pelabuhan Senaken,” ucapnya. 

“Ada pelabuhan jangkar di Kuaro, cuman kondisinya untuk kolam putar atau tempat manuver kapalnya yang terbatas,” kata Inayatullah. 

Simak berita dan artikel BorneoFlash lainnya di  Google News

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.