5 Sunnah Sahur Sesuai Anjuran Rasulullah dan Keutamaannya

oleh -
Penulis: Redaksi
Editor: Ardiansyah
Sahur memiliki keutamaan yang tinggi karena Allah SWT telah memberkati makanan yang disantap pada waktu tersebut.
Sahur memiliki keutamaan yang tinggi karena Allah SWT telah memberkati makanan yang disantap pada waktu tersebut.
  1. Berdzikir Ketika Sahur

Di dalam Al-Qur’an terdapat beberapa ayat yang menyebutkan bahwa sahur adalah waktu yang tepat untuk beristighfar atau meminta ampunan-Nya. Adapun bacaan dzikir yang paling melekat pada keseharian umat muslim adalah istighfar.

Hal ini tercantum dalam Al-Qur’an surat Adz Dzariyat ayat 18,

وَبِالْأَسْحَارِ هُمْ يَسْتَغْفِرُونَ

Artinya: “Dan selalu memohonkan ampunan di waktu pagi sebelum Fajar.”

Dalam ayat tersebut menyiratkan untuk orang-orang memohon ampunan di saat waktu sahur sebelum fajar. Didasari bahwa waktu sahur merupakan waktu yang mustajab, maka waktu tersebut menjadi waktu yang tepat untuk berdzikir.

  1. Berdoa Ketika Sahur

Selain menjadi waktu untuk memohon ampunan, sahur juga menjadi waktu untuk berdoa kepada-Nya. Karena sahur merupakan waktu yang diberkahi, segala permintaan dan permohonan akan dikabulkan. Sebagaimana dalam hadits riwayat Bukhari dan Muslim:

يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الآخِرُ يَقُولُ مَنْ يَدْعُونِى فَأَسْتَجِيبَ لَهُ مَنْ يَسْأَلُنِى فَأُعْطِيَهُ مَنْ يَسْتَغْفِرُنِى فَأَغْفِرَ لَهُ

“Rabb kita tabaraka wa ta’ala turun ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Lantas Dia berfirman: “Siapa saja yang berdoa kepada-Ku, maka akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku, maka akan Aku beri. Siapa yang meminta ampunan kepada-Ku, maka akan Aku ampuni.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Hal ini diperkuat oleh hadits berikut, “Sesungguhnya, Allah dan para malaikat-Nya bershalawat (berdoa) kepada orang-orang yang sedang sahur. Insya Allah termasuk saat sahur untuk puasa sunnah.” (HR Ibnu Hibban).

  1. Mengakhirkan Waktu Makan Sahur

Sahur merupakan kebiasaan yang dilakukan oleh Rasulullah SAW dan para sahabatnya. Hendaknya dilakukan pada akhir waktu sahur, yakni hampir mendekati datangnya waktu subuh. Para sahabat jarang melewatkan sahur meski hanya dengan sebutir kurma.

Baca Juga :  BPJS Ketenagakerjaan dan IAPI Ajak Akuntan Pahami Pentingnya Jaminan Sosial

Makan sahur dapat dilakukan kira-kira 15 menit sebelum imsak. Seperti dalam hadits dari Abu Dzar, Rasulullah SAW bersabda: “Senantiasa umatku dalam kebaikan selama mereka mengakhirkan sahur dan menyegerakan berbuka puasa.” (HR Ahmad).

Simak berita dan artikel BorneoFlash lainnya di  Google News

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.