Arzaedi: Bulan Ramadan Masyarakat Belanja Sesuai kebutuhan dan Para Pelaku Usaha Sebagai Moment Berbagi

oleh -
Kepala Dinas Perdagangan Balikpapan, Arzaedi Rachman. Foto: BorneoFlash.com/Niken.
Kepala Dinas Perdagangan Balikpapan, Arzaedi Rachman. Foto: BorneoFlash.com/Niken.

Arzaedi mengakui saat ini ada beberapa bahan pokok sembako yang mengalami kenaikan, seperti halnya  gula, daging. Ini memang ada pengaruhnya terhadap distribusi yang mempengaruhi biaya produksi.

Contoh yang nyata adanya kenaikan biaya kontainer. Apalagi Balikpapan ini 85-90 persen tergantung dengan daerah pemasok.  

“Nah bisa saja ada gangguan di daerah pemasok untuk distribusinya. Sehingga berdampak pada produksi semua. Makanya di Balikpapan ini saya harapkan kearifan pelaku usaha atau distributor sekira tidak mengambil moment ini sebagai kesempatan, jika bisa bertahan kenapa tidak,” ungkapnya.

Arzaedi meminta juga kepada masyarakat agar tidak panik buying, belanja sesuai kebutuhan dan pelaku usaha jangan mengambil kesempatan dalam kesempitan di bulan Ramadan hingga Lebaran Idul Fitri.

“Tapi saya yakni pelaku usaha kita sudah berhitung sampai kesana dan tidak mengambil keuntungan dalam kesempitan. Karena kami setiap saat melakukan monitoring kelapangan.

Tidak hanya menerima dokumen saja, tapi kami mau liat dan memastikan laporannya, untuk memastikan stok bahan pokok kita mencukupi, itu yang paling penting,”  serunya.

Berdasarkan pantauannya harga belum ada pedagang yang menjualkan di atas Harga Eceran Tertinggi (HET) mengikuti harga acuan.

“Harga acuan ini tidak mesti sama. Bisa diatas dan dibawah. Tolong harganya itu terjangkau dan layak,” pungkasnya.

(BorneoFlash.com/Niken)

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.