Beasiswa BSBK dari PT PHI Jadi Jembatan bagi Divania Wujudkan Mimpi dan Cita-Citanya

by -
Editor: Ardiansyah
Divania Daniella asal Balikpapan salah seorang di antara 15 penerima beasiswa Program Beasiswa Sobat Bumi Kalimantan (BSBK) yang menempuh pendidikan jenjang S1 (sarjana) sebagai mahasiswi Prodi Ekonomi Pembangunan Universitas Mulawarman. Foto: HO/PHI
Divania Daniella asal Balikpapan salah seorang di antara 15 penerima beasiswa Program Beasiswa Sobat Bumi Kalimantan (BSBK) yang menempuh pendidikan jenjang S1 (sarjana) sebagai mahasiswi Prodi Ekonomi Pembangunan Universitas Mulawarman. Foto: HO/PHI

BorneoFlash.com, BALIKPAPAN – Kolaborasi PT Pertamina Hulu Indonesia (PHI) dengan Pertamina Foundation (PF) sebagai mitra pelaksana dalam Program Beasiswa Sobat Bumi Kalimantan (BSBK) telah menganugerahkan beasiswa penuh kepada 15 putra-putri terbaik Kalimantan, pada Jumat (16/8/2024) lalu. 

 

Salah seorang penerima beasiswa jenjang perguruan tinggi ini, yakni Divania Daniella asal Balikpapan, menceritakan kisah dan harapan untuk mewujudkan mimpinya melalui Program BSBK

 

Untuk menafkahi keluarga, sehari-hari ayah Divania bekerja sebagai supir truk. Meski dalam kondisi ekonomi yang penuh keterbatasan, ayahnya tetap gigih mencari nafkah untuk menyokong pendidikan Divania dan dua kakaknya. Sebagai anak bungsu, Divania tidak ingin menambah beban keluarga jika dirinya melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. 

 

Namun, Divania ingin tetap berkuliah, tidak hanya berhenti di jenjang sekolah menengah atas. Ketika dia menerima informasi tentang Program BSBK dari sekolah dan media sosial, hal tersebut memberikan secercah harapan bagi Divania untuk mewujudkan mimpi dan cita-citanya.

 

Dengan tekad yang kuat dan keinginan untuk meringankan beban orang tuanya, Divania memutuskan untuk mengikuti seleksi Program BSBK. Dia mempersiapkan diri menghadapi persaingan yang ketat. 

 

“Ketika melihat informasi beasiswa dari PHI, aku yakin bahwa beasiswa ini tidak hanya akan meringankanku dalam berkuliah, tetapi juga mampu mewujudkan mimpiku untuk menjadi seorang pengusaha yang sukses,” ujar Divania, yang kini memulai pendidikan tingginya sebagai mahasiswi Prodi Ekonomi Pembangunan Universitas Mulawarman. 

 

Dukungan dan doa kedua orang tua terus menyertai perjalanan Divania dalam mengikuti tahapan seleksi Program BSBK, mulai dari administrasi, tes potensi akademik (TPA), hingga wawancara. 

 

“Mama saya berkata kalau saya tidak lolos, jangan berkecil hati. Tetap semangat, pasti Tuhan berikan jalan lain. Tapi jika saya lolos, saya harus mengucapkan syukur kepada Tuhan dan berjanji menggunakannya untuk menunjang prestasi selama kuliah,” ungkapnya.

Baca Juga :  Polres PPU Berikan Pengamanan Unras dan Terima Laporan dari Ormas Nusantara Bersatu Terkait Kasus Ujaran Kebencian 

 

Alhasil, nama Divania terpilih sebagai salah seorang di antara 15 penerima beasiswa Program BSBK. 

 

Dia berhak mendapatkan pembiayaan penuh untuk menempuh pendidikan jenjang S1 (sarjana) berupa biaya pendidikan SPP/UKT, bantuan biaya hidup dan pendukung, serta bantuan biaya pengembangan kapasitas berwawasan lingkungan, yaitu Aksi Sobat Bumi dan Desa Energi Berdikari Sobat Bumi (DEB SoBI).

 

“Dengan beasiswa ini, orang tua saya tidak perlu kesusahan lagi membiayai kuliah demi meraih cita-cita saya. Mereka sangat senang dan bangga terhadap pencapaian ini. Target berikutnya adalah mencapai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang tinggi dan lebih giat untuk belajar menyerap ilmu yang diajarkan kepada saya,” ujar Divania. 

Program Beasiswa Sobat Bumi Kalimantan (BSBK) telah menganugerahkan beasiswa penuh kepada 15 putra-putri terbaik Kalimantan pada 16 Agustus lalu. Foto: HO/PHI
Program Beasiswa Sobat Bumi Kalimantan (BSBK) telah menganugerahkan beasiswa penuh kepada 15 putra-putri terbaik Kalimantan pada 16 Agustus lalu. Foto: HO/PHI

Manager Communication Relations & CID PHI Dony Indrawan menyampaikan, Program BSBK merupakan wujud komitmen perusahaan untuk mendukung pengembangan kapasitas pemuda lokal, terutama terkait akses pendidikan tinggi. 

 

Menurutnya, pemberian beasiswa penuh dalam program BSBK menjadi jembatan bagi putra-putri Kalimantan, khususnya mereka dari keluarga pra-sejahtera, untuk dapat mewujudkan cita-citanya. 

 

“BSBK merupakan program CSR flagship PHI di bidang pendidikan yang diharapkan dapat meringankan beban biaya mereka dalam menempuh pendidikan tinggi dan membentuk menjadi generasi unggul dan berdaya saing,” ujar Dony. (*)

Simak berita dan artikel BorneoFlash lainnya di  Google News

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.