Pj Bupati PPU Dampingi Menhub, Tinjau Kesiapan Bandara VVIP IKN dan Sarana Pendukung Jelang HUT RI

oleh -
Editor: Ardiansyah
Pj Bupati Makmur Marbun bersama Menhub beserta jajaran meninjau sejumlah titik pembangunan infrastruktur penunjang IKN Nusantara, Jumat (21/06/2024). Foto: HO/DiskominfoPPU
Pj Bupati Makmur Marbun bersama Menhub beserta jajaran meninjau sejumlah titik pembangunan infrastruktur penunjang IKN Nusantara, Jumat (21/06/2024). Foto: HO/DiskominfoPPU

BorneoFlash.com, PENAJAM – Penjabat (Pj) Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Makmur Marbun sambut lawatan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dalam kunjungan kerja meninjau proyek pembangunan Bandara Ibu Kota Nusantara (IKN) yang berada di wilayah Kabupaten PPU. 

 

Setibanya di pelabuhan pulau balang, Pj. Bupati Makmur Marbun sambut langsung kedatangan Menhub beserta jajaran dan menuju sejumlah titik pembangunan infrastruktur penunjang IKN Nusantara. “Jum”at (21/06/2024)

 

Titik awal dalam kunker tersebut meninjau langsung progres pembangunan bandara VVIP IKN baik dari sisi udara maupun sisi darat serta sarana akses lainnya yang menjadi akses mobilisasi lalulintas baik udara maupun sisi laut dan darat jelang dilaksanakannya upacara 17 Agustus mendatang di IKN Nusantara. 

 

Makmur Marbun dijumpai disela kunjungan mendampingi Menhub mengatakan kedatangan Menteri Perhubungan hari ini untuk melihat langsung progres sarana pendukung IKN khususnya berkaitan dengan pembangunan Bandara VVIP, Jalan Tol, Akses Pelabuhan dan sarana pendukung lainnya yang nantinya menjadi bagian pendukung kelancaran pelaksanaan  upacara 17 Agustus mendatang di IKN Nusantara.

 

” Inti dari kunker ini melihat langsung capaian progres yang ada, dan dipastikan setelah melihat paparan dan progresnya dilapangan bahwa agustus mendatang bandara VVIP IKN bisa dioperasikan untuk upacara 17 Agustus yang akan datang” Ucap Marbun 

 

Lebih lanjut, Ia juga menerangkan tidak saja pada pembangunan bandara VVIP IKN, tetapi juga pada progres pembangunan akses konektivitas jalan tol dan unsur pendukung lainnya yang juga bagian dari sinergi pemerintah Pemkab PPU. 

 

” Sampai hari ini Pemkab PPU terus bersinergi dalam mendukung percepatan pembangunan maupun sarana dan prasarana dalam mensukseskan terlaksananya upacara 17 agustus yang pertama kalinya dilaksanakan di IKN Nusantara” Pungkasnya

Baca Juga :  Rapat Paripurna Bahas Tingginya Pajak Hiburan dan Penetapan Perda Produk Halal

 

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam kunkernya turut mengatakan kedatangan di kawasan infrastruktur IKN ini guna memastikan langsung progres pembangunan infrastruktur yang berkaitan dengan sarana transportasi jelang upacara 17 Agustus yang akan datang.

 

“Ini merupakan kali kedua saya berkunjung ke proyek bandara IKN pada bulan Juni 2024. Saya benar-benar ingin memastikan bahwa bandara ini dapat beroperasi pada 1 Agustus 2024, guna mendukung konektivitas di wilayah IKN, khususnya dalam rangka menyukseskan upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia,” ujar Menhub.

 

Pada kunjungan ini, menurutnya progres pembangunan di dua lokasi ini dan sejumlah fasilitas pendukung lainnya secara umum sudah baik dan menunjukkan perkembangan yang signifikan.

 

“Jika dibandingkan dengan kondisi beberapa minggu lalu, perubahannya sudah terlihat jelas, terutama di bagian landas pacu dan gedung terminal”. 

 

Ia juga sangat mengapresiasi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan para pekerja yang sudah bekerja keras untuk menyelesaikan proyek bandara ini. 

 

” Saat ini landas pacu Bandara IKN sudah memasuki tahap pengaspalan lapisan pertama, sehingga pada 1 Agustus 2024 nanti sudah bisa didarati oleh pesawat narrow body.

 

Lanjutnya, Budi mengungkapkan bahwa Bandara IKN nantinya juga bisa didarati oleh pesawat berbadan besar, seiring dengan penambahan lapisan yang akan dilakukan pada tahap berikutnya,”

 

Progres pekerjaan fisik Bandara IKN sampai dengan minggu ke-27 telah mencakup beberapa aspek, diantaranya: pekerjaan atap, elektrikal, dan pipa plumbing di Terminal VVIP; pekerjaan kolom, instalasi pipa plumbing, rangka baja, dan dinding termasuk sarana pendukung lainnya. Tutupnya. (Adv/*DiskominfoPPU)

Simak berita dan artikel BorneoFlash lainnya di  Google News

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.