Pemkab Mahulu Laksanakan Bimtek Pengelolaan Arsip dan Surat Menyurat dengan Aplikasi Srikandi

oleh -
Editor: Ardiansyah
Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh saat Bimtek Pengelolaan Arsip dan Surat Menyurat di Hotel Grand Verona. Senin (13/05/2024). Foto: HO/Prokopim Mahulu
Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh saat Bimtek Pengelolaan Arsip dan Surat Menyurat di Hotel Grand Verona. Senin (13/05/2024). Foto: HO/Prokopim Mahulu

BorneoFlash.com, UJOH BILANGBupati Mahakam Ulu (Mahulu) Bonifasius Belawan Geh secara resmi membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Arsip dan Surat Menyurat di Hotel Grand Verona. Senin (13/05/2024).

 

Digelarnya Bimtek tersebut sesuai dengan Perpres 95 Tahun 2018 Tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik dan Implementasi Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi).

 

Bimtek yang diselenggarakan oleh Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) selama dua hari tersebut, turut dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Stephanus Madang, Kepala BKPSDM Wenefrida Kayang, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Mahulu, dan menghadirkan narasumber Kasi Layanan Kearsipan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Dewi Susanti.

 

Dalam sambutan Bupati Bonifasius mengatakan, Penyelenggaraan Bimtek pengelolaan arsip dan surat menyurat merupakan salah satu langkah nyata dalam menjawab tantangan zaman.

 

Dan untuk melaksanakan transformasi digital dalam setiap aspek kegiatan pemerintahan, termasuk dalam pengelolaan arsip dan surat menyurat.

 

“Kendati kita telah memiliki legitimasi kuat melalui regulasi tersebut, masih terdapat kendala dalam implementasi yang efektif sehingga banyak dokumen yang seharusnya dapat diselesaikan dalam hitungan menit, nyatanya masih mengalami penundaan.”

 

“Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan teknologi informasi dalam sistem pemerintahan kita masih perlu ditingkatkan, oleh karena itu, kita dituntut untuk terus berinovasi,” kata Bupati.

 

Dikatakan Bupati lebih lanjut, melalui implementasi aplikasi Srikandi yang merupakan hasil kolaborasi antara Arsip Nasional Republik Indonesia, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Kementerian Komunikasi dan Informatika, serta Badan Siber dan Sandi Negara, pemerintah diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam pengelolaan arsip.

Baca Juga :  Tahun Ajaran Baru, Rencana Pelaksanaan PTM di Kubar Seluruh Sekolah Diminta Matangkan Persiapan 

 

“Aplikasi Srikandi ini akan membantu kita mencapai tata kelola arsip yang lebih terstruktur, jelas, dan tepat, memastikan keamanan dan kemudahan akses arsip oleh pengguna yang berhak. Meskipun kita masih menggunakan arsip konvensional untuk beberapa dokumen penting, tetapi kita harus memanfaatkan teknologi e-arsip ini seoptimal mungkin dalam administrasi pemerintahan,” lanjut Bupati.

 

Lebih lanjut Bupati menuturkan, aplikasi Srikandi tak hanya bertujuan untuk mengintegrasikan sistem kearsipan secara digital, namun juga telah dilengkapi dengan fitur-fitur yang canggih untuk mendukung korespondensi kedinasan yang cepat dan efisien.

 

“Fitur ini sangat penting karena aplikasi ini bersifat government to government, atau dari pemerintah ke pemerintah, yang memungkinkan kita untuk berkomunikasi dan berkoordinasi dengan lembaga pemerintahan lain secara lebih lancar dan terstruktur, Penggunaan format atau template naskah dinas yang telah tersedia dalam aplikasi Srikandi juga merupakan salah satu keunggulan yang tidak kalah pentingnya.”

 

“Template ini telah disesuaikan dengan tata naskah dinas yang berlaku, yang akan memastikan keseragaman dan keakuratan dalam tata administrasi persuratan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu. Dengan ini, kita dapat mempertahankan keutuhan dan keseragaman isi naskah dinas serta meningkatkan efisiensi waktu dalam penyelesaian administrasi pemerintahan,” kata Bupati menjelaskan.

 

Pada akhir sambutannya Bupati Bonifasius berharap melalui Bimtek agar peserta benar-benar memahami dan menguasai fitur-fitur yang disediakan oleh aplikasi Srikandi.

 

“Keberhasilan kita dalam mengimplementasikan sistem ini tidak hanya akan meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat, tetapi juga akan mengukuhkan posisi Kabupaten Mahulu sebagai pemerintahan yang modern dan adaptif terhadap perkembangan teknologi, Mari kita bersama-sama mengambil langkah proaktif untuk mengadaptasi dan mengoptimalkan penggunaan teknologi ini dalam setiap aspek kegiatan pemerintahan kita.”

Baca Juga :  Polisi Lakukan Restorasi Justice, Buntut Komentar Netizen Terkait Pencemaran Nama Baik Institusi TNI AL

 

“Dengan semangat kolaborasi dan komitmen kuat dari kita semua, saya yakin kita dapat mencapai tujuan ini. Terima kasih atas perhatian dan dedikasi Anda semua untuk terus mendorong kemajuan di Kabupaten Mahakam Ulu melalui penggunaan teknologi informasi yang efektif,” ucap Bupati. (Adv/*Prokopim Mahulu)

Simak berita dan artikel BorneoFlash lainnya di  Google News

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.