Sambut Kedatangan Peserta Latsitardanus, Sekda Katsul Pesan agar Jangan Sungkan Berinteraksi dengan Masyarakat Paser

oleh -
Editor: Ardiansyah
Sekda Kabupaten Paser, Katsul Wijaya bersama Dandim 0904/PSR, Letkol Inf Ary Susetyo dan Kapolres AKBP Yusep Dwi Prastiya saat upacara penyambutan peserta Latsitardanus XLIV/2024 di Halaman Kantor Bupati Paser, pada Selasa (7/5/2024). Foto: BorneoFlash/IST
Sekda Kabupaten Paser, Katsul Wijaya bersama Dandim 0904/PSR, Letkol Inf Ary Susetyo dan Kapolres AKBP Yusep Dwi Prastiya saat upacara penyambutan peserta Latsitardanus XLIV/2024 di Halaman Kantor Bupati Paser, pada Selasa (7/5/2024). Foto: BorneoFlash/IST

BorneoFlash.com, TANA PASER – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser menyambut kedatangan 324 peserta Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara (Latsitardanus) XLIV/2024 dengan menggelar Upacara Penyambutan di Halaman Kantor Bupati Paser, pada Selasa (7/5/2024). 

 

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Paser, Katsul Wijaya mengatakan bahwa dirinya menyambut baik peserta Latsitardanus di Bumi Daya Taka dalam sambutannya saat memimpin upacara, mewakili Bupati Fahmi Fadli dan didampingi oleh Dandim 0904/PSR, Letkol Inf Ary Susetyo dan Kapolres AKBP Yusep Dwi Prastiya.

 

“Selamat datang di Bumi Daya Taka, bumi kebanggaan kita semua. Lelah pasti terasa, setelah menempuh perjalanan panjang melintasi samudera dan juga daratan, akhirnya tiba disini (Paser), kabupaten paling selatan di Provinsi Kaltim,” ucap Katsul.

 

Ia katakan, bahwa hanya dengan tekad yang kuat, dapat menanamkan dan menumbuh kembangkan jiwa kejuangan, cinta tanah air serta semangat integrasi. 

 

“Para taruna pasti tetap semangat selama berada disini, dari 324 peserta yang terdiri Akmil, AAL, AAU, Akpol, Praja IPDN dan taruna PSSN serta mahasiswa Unhan,” katanya. 

 

Para peserta ini nantinya akan mengabdikan dirinya selama sebulan di Kabupaten Paser, dan akan disebar di sebanyak 7 kecamatan diantaranya Kecamatan Tanah Grogot, Paser Belengkong, Batu Engau, Kuaro, Batu Sopang, Long Ikis dan Long Kali. 

 

Para peserta Latsitardanus tersebut akan melakukan berbagai kegiatan, baik fisik dan non fisik yang pastinya akan berinteraksi dengan Masyarakat sekitar. 

 

“Saya berpesan, jalankan tugas dengan sebaik-baiknya serta jangan lupa untuk selalu menyertakan doa di setiap aktivitas ananda. Ingatlah pepatah, di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung. Selalu menjaga tingkah laku dimanapun berada. Harus tetap mematuhi adat istiadat yang berlaku agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” katanya. 

Baca Juga :  500 Pelajar Tingkat SMP Kota Balikpapan Terkena Anemia

 

Walaupun demikian, Katsul juga mengatakan kepada para peserta tidak perlu takut karena masyarakat Paser sangat ramah dan terbuka kepada para pendatang. 

 

Begitupun ketika peserta Latsitardanus mendapati kendala di lapangan, agar tidak ragu berkomunikasi dengan para pendamping atau pengasuh. 

 

“Hormati para induk semang serta dedikasikan apa yang bisa kalian berikan untuk negeri dan jangan lupa mengeksplor Kabupaten Paser,” ucapnya. 

 

Kegiatan Latsitardanus ke-44 tahun 2024 merupakan bagian dari upaya membangun soliditas antara TNI, Polri, Praja dan masyarakat. 

 

Ia pun memberikan apresiasi atas partisipasi kepada pihak-pihak yang terlibat, baik TNI, Polri, unsur Pemerintahan, pihak swasta, serta organisasi masyarakat. 

Sekdakab Paser, Katsul Wijaya saat membacakan sambutan mewakili Bupati Fahmi Fadli di Halaman Kantor Bupati Paser, pada Selasa (7/5/2024). Foto: BorneoFlash/IST
Sekdakab Paser, Katsul Wijaya saat membacakan sambutan mewakili Bupati Fahmi Fadli di Halaman Kantor Bupati Paser, pada Selasa (7/5/2024). Foto: BorneoFlash/IST

“Tanpa kerja sama yang baik, tentu kegiatan ini  tidak dapat berjalan lancar,” ucapnya. 

 

Dengan adanya Latsitardanus ini, ia juga berharap kehadiran para taruna dapat membantu Pemkab Paser dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta menambah wawasan baik Taruna maupun para pelajar di Kabupaten Paser

 

“Tentunya itu akan menjadi bekal para Taruna Taruni Muda dalam menyongsong tugas di masa yang akan datang,” kata Sekda Paser. (*/Adv)

Simak berita dan artikel BorneoFlash lainnya di  Google News

banner 700x135

No More Posts Available.

No more pages to load.